25 radar bogor

IPB University dan KOICA Tingkatkan Kerjasama di Bidang Pertanian, Ilmu Hayati dan Manajemen Lingkungan

BOGOR-RADAR BOGOR,Country Director KOICA Indonesia dan IPB University berkomitmen bekerjasama di bidang pendidikan tinggi. Country Director KOICA menegaskan kerjasama ini bagian dari rencana strategis Republik Korea untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini diperkuat saat kedatangan Presiden KOICA ke Indonesia pada awal Maret 2019 untuk mengunjungi beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Sebagai bentuk tindak lanjut komitmen dukungan pendidikan tinggi di Indonesia, tim ahli KOICA melaksanakan feasibility study di bulan Desember 2019. Feasibility study dilakukan di dua perguruan tinggi di Indonesia yakni IPB University dan Universitas Indonesia.

Kedua perguruan tinggi ini dipilih untuk menginisiasi kerjasama di sektor pendidikan tinggi antara Republik Korea dan Republik Indonesia. Selama feasibility study, Tim KOICA melakukan diskusi dengan banyak stakeholders di lingkungan perguruan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pertanian, dan stakeholders terkait di kementerian-kementerian lain serta pusat-pusat penelitian di daerah Jakarta dan Bogor.

Hasil feasibility study ini dikembangkan secara rinci pada implementation survey yang akan dilakukan di akhir tahun 2020, sekaligus menghasilkan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak.

Di IPB University, KOICA berencana mengembangkan Pusat Instrumentasi Green-Bio dengan penelitian berkualitas tinggi. Pusat ini bertujuan meningkatkan kapasitas analitis bidang sains dan manajemen lingkungan serta meningkatkan sumber daya manusia di IPB University dan para peneliti di institusi lainnya. Selain itu, dikembangkan kerjasama di Sekolah Pascasarjana Teknologi Pertanian Internasional melalui program PhD, Program Pelatihan Jangka Menengah dan Jangka Pendek di Republik Korea.

Kerjasama antara KOICA dan IPB University direncanakan dilakukan selama tujuh tahun dimulai dari tahun 2021. Dalam pelaksanaannya, KOICA akan menggandeng Seoul National University sebagai mitra dari kerjasama pendidikan tinggi di bidang pertanian.

Pada kerjasama ini, diharapkan bukan hanya IPB University yang menjadi penerima manfaat, akan tetapi para peneliti di bidang pertanian di kementerian-kementerian dan pusat-pusat penelitian lain pun terlibat dalam kegiatan-kegiatan proyek dalam bentuk pelatihan jangka menengah dan jangka pendek.

Kerjasama ini meliputi pemberian beasiswa untuk Program Doktor bagi Dosen IPB University, penyediaan program pelatihan untuk dosen, staf, dan peneliti di bidang pertanian dalam jangka menengah atau pendek, pengembangan laboratorium penelitian di IPB University dan pengembangan kapasitas perguruan tinggi pertanian di Timor Leste. (ris)