25 radar bogor

Alhamdulilah, Uang Kerohiman Warga Terdampak Double Track di Cijeruk Cair

Double-Track
Tim Penertiban Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat saat memberikan sosialisasi kepada warga.

CIJERUK-RADAR BOGOR, Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) sudah merampungkan perhitungan penilaian kompensasi warga terdampak proyek pembangunan double track atau jalur rel ganda kereta api (KA) Bogor-Sukabumi di Kampung Ciomas, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Hal ini disampaikan Tim Penertiban Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat, Joko Sudarso usai mengadakan kegiatan sosialisasi Penetapan Gubernur Jawa Barat, khususnya mengenai pembayaran kompensasi.

“Ya, hari ini kami melaksanakan sosialisasi penetapan Gubernur, termasuk soal jumlah konpensasi hak warga yang terkena dampak pembangunan jalur rel ganda kereta api,” katanya kepada Radar Bogor, Minggu (22/12/2019).

Joko menerangkan, selain sosialisasi pihaknya juga melakukan pemberkasan kepada seluruh warga terdampak. Hal ini dimaksudkan untuk dibuatkan pembukaan rekening.

“Insya Allah, mungkin Senin, 23/12/2019 (hari ini, red) buku tabungan dan ATM berikut saldo kerohimannya sudah cair, sesuai ketentuan perbankan dan ketetapan Gubernur. Makanya, kami sekarang melakukan pemberkasan kilat, dimana warga harus mengisi aplikasi data terlebih dahulu,” terangnya.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, kegiatan sosialisasi pemberkasan ini meliputi satu desa dan satu kelurahan, antara lain Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk serta Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Kota Bogor.

Jumlahnya sendiri untuk Desa Cibalung ada 37 warga terdampak pembangunan jalur ganda, sedangkan 96 warga lainnya berada diwilayah Kelurahan Kertamaya.

“Kalau bangunan yang terdampaknya meliputi rumah warga dan fasum seperti MCK dan Mushola. Jadi, intinya kami menindak lanjuti sosialisasi sebelumnya, yaitu pembuatan doble track rute Bogor – Sukabumi,” ucapnya.

Menurutnya, untuk tahap awal untuk Cigombong dari mulai Maseng hingga Cicurug Sukabumi sudah selesai. Sekarang kembali ke Cibalung mengarah ke Kota Bogor Selatan sampai dengan Paledang, nanti 2020 di bulan Februari dan Maret mendatang mengarah ke Parungkuda sampai Sukabumi.

Joko menilai, pelaksanaan ini berjalan kondusif, bahkan warga terdampak pembangunan doble track menerima apa yang telah ditetapkan KJPP. (all/c)