25 radar bogor

Bantu Informasi ke Pendatang, HMGD Unpak Resmikan Plang Peta Pemutakhiran Rute Angkot

Plang-Rute
Peresmian plang peta pemutakhiran rute angkutan umum Kota Bogor berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), di Terminal Baranangsiang Bogor pada Minggu, (22/12/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Mahasiswa Jurusan Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan Bogor (HMGD Unpak) meresmikan plang peta pemutakhiran rute angkutan umum Kota Bogor berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), di Terminal Baranangsiang Bogor pada Minggu, (22/12/2019).

Peresmian pemutakhiran peta rute angkutan umum berbasis SIG ini dihadiri oleh Ketua Komandan Regu Terminal Penumpang Tipe A Baranangsiang, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) beserta jajarannya, dan Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bogor, serta perwakilan dosen dan mahasiswa HMGD.

Menurut Ketua HMGD Haekal Sultan Kahfi, plang rute ini adalah salah satu program kerja yang konsisten mereka kerjakan. Dimulai dari 2013-2015 dengan fokus pemetaan peta penyebaran wisata di desa-desa terpencil.

Seperti tahun 2013 di Desa malasari, kemudian mulai masuk pemetaan kota di 2016 seperti Peta Taman Sempur. Dan ditahun 2019 ini, adalah pertama kalinya memetakan rute angkutan umum yang pengerjaannya dimulai sejak September lalu.

“Sasaran utamanya adalah pendatang Kota Bogor, latar belakang pembuatan ini karena Bogor dikenal dengan sebutan kota 1000 angkot,” tutur Haikal.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bogor Muhammad Yefies, mengatakan bahwa pemutakhiran peta rute ini inovasi yang sangat bagus.

“Sayangnya terkendala oleh eksistensi terminal yang akan di renov, peta ini pasti akan dicabut, tidak permanen. Mahasiswa harus terus berkoordinasi dengan BPTJ dan Dishub. Nanti kita evaluasi lagi sesuai kebutuhan, karakternya masih fleksibel tidak permanen. Kedepannya semoga rute ini bermanfaat,” jelasnya.

Harapan Puswanto selaku Komandan Regu Terminal Penumpang tipe A Baranangsiang BPTJ, dengan adanya peta rute ini masyarakat lebih paham kegunaan dan fungsinya. “Dengan adanya rambu ini sedikit menambah informasi buat para pengunjung Kota Bogor maupun luar Kota Bogor,” pungkasnya.

“Semoga kita bisa melakukan program kerja dengan inovasi ide-ide yang baru,” imbuh Rizki Ramdani, Ketua Pelaksana peresmian pemutakhiran peta rute angkutan umum berbasis SIG. (zhofira/amelia)