25 radar bogor

Halaman SDN 3 Cipicung Langganan Banjir, Ini Penyebabnya

SD Negeri Cipicung 03 di Kampung Cipicung RT 02/ 04, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.
SD Negeri Cipicung 03 di Kampung Cipicung RT 02/ 04, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, langganan banjir.

CIJERUK-RADAR BOGOR, Minimnya drainase di beberapa ruas jalan membuat beberapa wilayah terkena banjir. Salah satunya SD Negeri Cipicung 03 di Kampung Cipicung RT 02/ 04, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Syarifudin (50) Warga kampung Cipicung mengaku, ketika hujan turun ke wilayahnya, air selalu mengalir hingga ke halaman sekolah. Bahkan tak jarang air juga masuk ke ruangan sekolah.

“Saat hujan, air menggenangi jalan. Karena tidak ada saluran air, maka air masuk ke halaman sekolah hingga mengakibatkan banjir,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin.

Tokoh masyarakat Desa Cipicung itu mengaku, baik pihak sekolah bersama Pemdes sudah pernah mengusulkan perbaikan jalan ke Pemkab Bogor. Namun ia meminta Pemkab memperbaiki jalan sekaligus membuat drainase.

Sehingga, air tidak mengalir ke halaman sekolah. “Kalau jalannya saja yang diperbaiki, sementara saluran air tidak, percuma jalan akan cepat rusak lagi, sekolah pun pasti terus banjir bila sedang hujan,” tuturnya.

Sementara itu, Salah Satu Guru SD Negeri Cipicung 03, Andi Suryana membenarkan luapan air ketika hujan ke halaman sekolah. Saat itu, lanjut dia, pihak sekolah pernah meminta untuk dibuatkan saluran air, tapi sampai saat ini belum ada kabar. “Kalau hujan gede, kadang sekolah diliburkan, karena murid ga bisa belajar,” ucapnya.

Untuk itu, ia meminta Pemkab Bogor segera mewujudkan pembangunan drainase di jalan Cipicung-Rawagede. “Kalau tidak dibangun drainase, banjir akan terus terjadi,” tukasnya. (all/c)