25 radar bogor

Diuji Coba, Kereta LRT Jabodebek Siap Mondar Mandir Cibubur-Cawang

LRT-Jabodebek
Uji Coba LRT Jabodebek
LRT-Jabodebek
Uji Coba LRT Jabodebek

CIBUBUR-RADAR BOGOR, Kereta Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) buatan PT INKA (Persero) sudah mulai diuji coba. Di Stasiun Harjamukti, Cibubur, kereta LRT Jabodebek bersiap untuk mondar-mandir.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto, mengungkapkan bahwa LRT Jabodebek sedang uji dinamis. Uji dinamis ini terdiri dari beberapa tes yang meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High Speed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display System Test). “Sedang dynamic test,” katanya, Rabu (18/12/2019).

Selama uji coba dinamis, kereta LRT Jabodebek akan bolak-balik dari Cibubur menuju Cawang setiap hari. Tapi selama uji dinamis , kereta LRT Jabodebek akan mondar-mandir tanpa penumpang. Dalam tahap ini, kereta LRT masih akan dioperasikan oleh seorang masinis terlebih dahulu.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Noegroho Parwanto, menyatakan LRT Jabodebek belum dibuka untuk publik. “Masih test track dan signaling, belum dibuka untuk publik,” ujarnya.

Setelah uji dinamis, LRT Jabodebek akan uji integrasi. Uji coba dilakukan antar stasiun seiring dengan penyelesaian prasarana stasiun dan rel. Setelah itu, barulah dilakukan uji publik yang mana pada tahap ini kereta LRT sudah bisa dinaiki oleh masyarakat secara gratis. (rp1/c)