25 radar bogor

Dosen Mengabdi IPB University Kenalkan Mikrobiota Perairan

BOGOR-RADAR BOGOR,Pengabdian kepada masyarakat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping fungsi mengemban tugas di bidang pendidikan dan penelitian.

Oleh karena itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bersama Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPKI) IPB University, menerjunkan tim Dosen Mengabdi di berbagai daerah di Indonesia.

Topik yang diusung pada program kali ini adalah mikrobiota perairan. Kegiatan sosialisasi program dilakukan pada Rabu-Kamis (11/12/) bertempat di SMK Pertanian Pembagunan Cianjur.

Diikuti 13 guru dan 37 siswa di SMK Pertanian Pembangunan Cianjur. Dosen yang ditugaskan antara lain Dr Niken TM Pratiwi, Inna Puspa Ayu, SPi, MSi, Aliati Iswantari, SPi, MSi dan Dwi Yuni Wulandari, SPi, MSi.

Dr Niken TM Pratiwi menjelaskan terkait mikrobiota perairan. Dalam penjelasannya, ia menyebutkan bahwa mikrobiota perairan memiliki peranan bagi kegiatan perikanan, seperti keberadaan plankton berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan sebagian sebagai pakan alami di perairan. Oleh karena itu, pentingnya pengenalan terkait mikrobiota perairan untuk kegiatan perikanan lanjut. Selain materi pengenalan terkait plankton, diperkenalkan juga terkait infusoria, bakteri akuatik, kultur plankton dan pengamatan serta penumbuhan mikrobiota akuatik.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Pertanian Pembangunan Cianjur, Drs H Sutarja, MPd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPPM IPB University yang telah mendatangkan Dosen Mengabdi untuk membantu memberikan pengetahuan mengenai mikrobiota perairan. Pihaknya berharap lulusan dari sekolah ini dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terutama ke IPB University.

“Harapannya kegiatan Dosen Mengabdi dari IPB University ini terus berkesinambungan dan bisa memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan bagi siswa sehingga para siswa bisa menerapkannya untuk melanjutkan studi di masa depan, “ ungkapnya.

Sedangkan Mahmudin dan Siti Fatimah, siswa SMK Pertanian Pembangunan Cianjur merasa beruntung mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta pengalaman baru yang luar biasa, dapat membuka wawasan dunia ilmu pengetahuan. Baginya, telah banyak pengalaman yang telah disampaikan oleh dosen dan juga peragaan praktik, dengan penggunaan peralatan peraktik yang begitu lengkap. Melalui Dosen Mengabdi kepada masyarakat, IPB University dapat hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengembangkan keilmuannya. (Awl/RA)