25 radar bogor

Malam Ini Sukabumi Diguncang Gempabumi Tektonik

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya kembali diguncang gempabumi Tektonik, Senin (16/12/2019) malam. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.8 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.56 LS – 105.98 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 102 km BaratDaya KAB-SUKABUMI-JABAR dengan kedalaman 20 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Ciptagelar dan Cikidang dengan Skala Intensitas III MMI, Di Malingping dan Cihara dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 20:10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.(pin/*)