25 radar bogor

Giliran Warga Cigombong Diteror Ular Kobra

Ular Kobra
Petugas Damkar mencari keberadaan ular kobra yang meresahkan warga Kampung Cigombong, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor,
Ular Kobra
Petugas Damkar mencari keberadaan ular kobra yang meresahkan warga Kampung Cigombong, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jumat (13/12/2019).

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Beberapa hari ini, warga benar-benar diresahkan dengan keberadaan ular kobra yang masuk pemukiman. Setelah sebelumnya warga Bojonggede dan Citayam, kini giliran warga Kampung Cigombong, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, yang resah dengan keberadaan ular berbisa tersebut.

Warga pun diminta waspada. Beberapa hari terakhir, pemukiman warga yang berada di kaki Gunung Salak itu kerap disatroni ular kobra Jawa. “Ya, saya sering lihat. Ukuranya ada yang kecil dan besar. Mirip ular sendok atau kobra gitu,” ujar Imam, warga setempat kepada Radar Bogor, Jumat (13/12/2019).

Hal serupa dikatakan oleh Ika supartika (30) warga Kampung Cigombong lainya. Bahkan ia sudah tiga kali melihat ular tak jauh dari depan rumahnya. “Saya kemarin laporan ke petugas Damkar buat tangkap dan bersihkan sarang ularnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Sektor Ciawi, Nendri membenarkan hal itu. Dirinya mendapatkan laporan dari warga terkait keberadan ular dan sarang ular kobra.

Dia mengaku sudah mengirim dua regu untuk mengvakuasi ular dan sarang ular tersebut. “Kita sudah kesana. Namun kita belum menemukan ularnya,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (13/12).

Meski demikian, petugas Damkar mampu mengevakuasi sarang ular yang berada di kebun bambu tak jauh dari pemukiman warga. Dalam evakuasi, petugas cukup kesulitan. Mereka harus memotong beberapa dahan bambu yang menutupi. “Evakuasi butuh waktu delapan jam,” tuturnya.

Ia meminta agar warga tetap waspada. Mengingat ular belum berhasil ditangkap. “Kita minta waspada. Dan laporkan jika menemukan keberadan ular di pemukiman,” tukasnya.(all/c)