Beranda Pendidikan IPB University Berbagi Ilmu Pengelolaan Bisnis kepada Perguruan Tinggi Lain

IPB University Berbagi Ilmu Pengelolaan Bisnis kepada Perguruan Tinggi Lain


BOGOR-RADAR BOGOR,
Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka) berkunjung ke Direktorat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan IPB Univerisity pada Rabu, (11/12). Rombongan UIN Suka yang berjumlah tujuh orang hadir diterima langsung oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan, Dr rer nat Jaenal Effendi, MA di Ruang Sidang Rektor 2, Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa sharing banyak hal, bukan berarti kami leading. Paling tidak kami sudah mendahului pada beberapa hal,” ungkap Jaenal. Lebih lanjut dosen di Departemen Ekonomi Syariah tersebut menambahkan IPB University sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) memiliki wewenang untuk mendominasi di bidang bisnis. Sehingga ke depan mampu membantu hingga tagihan SPP di IPB zero. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa di IPB memiliki unit-unit bisnis yang terbagi tiga kelompok. Ada Satuan Usaha Akademik (SUA), Satuan Usaha Penunjang (SUP) dan Satuan Usaha Komersial (SUK).

Turut membersamai rombongan UIN Suka Sekretaris Pusat Pengembangan Bisnis UIN Suka Abdul Qoyyum, SEI, MSc.Fin. Pihaknya menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menimba ilmu di Direktorat BiMAK IPB University. “Sebenarnya sudah lama kami berencana untuk belajar ke IPB University, dan baru sekarang bisa terealisasi. Tujuan kami tentu ingin belajar dari IPB University terkait pengelolaan bisnis. Saat ini kami masih Badan Layanan Umum (BLU) tapi mungkin BLU nya belum sebesar IPB University yang sudah menjadi PTN BH,” jelas Qoyyum.

Qoyyum menyebutkan bahwa UIN Suka merupakan BLU pertama di Indonesia yang bisnisnya masih terfokus pada penyewaan aset. Harapanya dengan kunjungannya ke IPB University bisa memberikan gambaran untuk melebarkan sayap ke unit bisnis yang lain.
“Kami tahu di IPB University pengelolaan bisnis cafe dan restonya bagus, merchandisenya juga bagus, nah di tempat kami belum ada bisnis tersebut. Semoga bisa kami contoh untuk dihadirkan di tempat kami,” harap Qoyyum.

Setelah diskusi, kunjungan dilanjutkan dengan berkeliling ke beberapa unit bisnis di bawah naungan Dit. BiMAK IPB University, yaitu Botani Bakery, Agribusiness and Technology Park (ATP) dan diakhiri di Botani Mart.

Hadir pula pada kunjungan kali ini Kepala Subdit Pengelolaan Bisnis, Dr Burhanuddin, Kepala Subdit Pendayagunaan dan Pemanfaatan Aset, Dr Ahmad Yani, Kepala Subdit Laboratorium Lapang, Dr. Dwi Guntoro dan beberapa manager. (*/RA)