25 radar bogor

Akhir Tahun, 46 Mobil Dinas Pemkab Bogor Dilelang

(Sofyan/ Radar Bogor) SEPI: Mobil dinas ketua dan wakil ketua DPRD masih dalam pemeliharaan sekwan, kemarin.
Mobil Dinas

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tinggal beberapa pekan sebelum pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) nampaknya akan melakukan pelelangan pada aset milik pemerintah pada awal tahun mendatang. Lelang akan dilakukan terhadap 46 mobil dinas (mobdin), 16 mesin gilas dan satu alat berat berupa excavator.

“Karena sebentar lagi akhir bulan Desember maka kami berencana akan melelang puluhan mobil dinas, belasan mesin gilas dan alat berat excavator pada awal tahun 2020 mendatang,” kata Kabid Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bogor, Bangun Septa, Rabu (11/12).

Ia menerangkan saat ini Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sudah melakukan proses penilaian namun mereka belum menyerahkan harga taksiran kepada jajarannya.

Bangun menjelaskan 46 mobil dinas yang dilelang ada yang dulu penggunaannya di Setda, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan Satuan Kera Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

“Kalau mobil sedan ada dua merk Toyota Camry bekas kendaraan dinas mantan Bupati Bogor Agus Utara Effendi dan mantan Sekda Kabupaten Bogor,” jelas Bangun.

Ia melanjutkan DPKAD juga memiliki beberapa mobil ambulance yang dalam kondisi rusak berat, namun kendaraan-kendaraan dari Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas tersebut tidak ikut dilelang.

“Khusus mobil ambulance, Pemkab Bogor akan menghibahkannya kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) teknik dan mesin. Kepada pihak SMK yang mau silahkan buat dan kirim surat permohonannya,” tawarnya.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, berencana akan memperhatikan anggaran pemeliharaan dan perawatan kendaraan dinas.

“Ke depan perawatan dan pemeliharaan kendaraan dinas harus lebih jelas dan transparans, laporan penggunaan anggarannya jangan hanya dalam bentuk bon saja tapi harus disertai foto fisik kendaraan saat service,” tukas Iwan. (dka/c)