25 radar bogor

Gempa Tektonik Magnitudo 3,2 Guncang Kabupaten Bekasi, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

BEKASI-RADAR BOGOR, Wilayah Bekasi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik magnitudo 3,2, Selasa (10/12/2019) pukul 12:54 WIB,

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M 3.2 itu terletak pada koordinat 6.54 LS – 107.08 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 22 km Barat Daya Kabupaten Bekasi dengan kedalaman 4 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cikarang dengan Skala Intensitas II – III MMI dan di Cibarusah dengan Skala Intensitas II – III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 14:05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut. (ysp)