25 radar bogor

Dampak Longsor, Perjalanan Kereta Api Bogor-Sukabumi Dihentikan Sementara

Longsor nyaris memutus real kereta api Bogor-Sukabumi, Rabu (2/1/2019) sore.
Longsor nyaris memutus jalur real kereta api Bogor-Sukabumi, Rabu (2/1/2019) lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bagi pengguna kereta api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi, terpaksa harus menunda perjalanannya menggunakan KA. Pasalnya, dampak cuaca buruk telah menyebabkan jalur KA Bogor-Sukabumi mengalami gangguan longsor sejak Jumat (6/12/2019).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, longsor terjadi di antara jalur stasiun Parung Kuda – Cicurug, tepatnya KM 28+2/3. Akibat bencana longsor pada lintas tersebut diperlukan perbaikan jalur KA yang cukup membutuhkan waktu.

“Atas kondisi tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menetapkan untuk sementara waktu perjalanan KA pertama dari Stasiun Sukabumi pada Sabtu 7 Desember 2019 dibatalkan,” ujarnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas kondisi tersebut dan mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa KA Pangrango untuk beralih ke moda transportasi lain.

Peristiwa longsor pertama kali diketahui pihak PT KAI Daop 1 Jakarta melalui laporan warga setempat pada pukul 20:30 WIB, dan segera dilakukan pemeriksaan oleh tim unit Jalan dan Jembatan Daop 1 Jakarta. Pada saat kejadian, longsor tersebut tidak mengganggu perjalanan KA karena operasional KA terakhir telah melalui lokasi longsor.

PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi melalui upaya maksimal untuk perbaikan dapat segera selesai.(pin/*)