Beranda Olahraga Atlet Dayung Kota Bogor Sumbang Medali Emas untuk Indonesia

Atlet Dayung Kota Bogor Sumbang Medali Emas untuk Indonesia

Anwar Tarra/Yuda Firmansyah
Anwar Tarra/Yuda Firmansyah

FILIPINA-RADAR BOGOR,Cabang olahraga dayung sukses menyumbang medali emas kedua bagi kontingen Indonesia di arena SEA Games 2019 melalui pasangan Anwar Tarra/Yuda Firmansyah yang menjuarai nomor Kano ganda (C2) 1.000 meter di Malawaan Park, Subic Bay, Luzon, Jumat (6/12) kemarin.

Pada babak final, Anwar /Yuda mengungguli wakil Myanmar, Sai Ming Wai/Aung Phyo Hein, yang harus puas meraih medali perak. Sementara medali perunggu diraih Bui Thanh Pham/Tran Thanh asal Vietnam.

Anwar/Yuda menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 3 menit 52,01 detik. Dia unggul atas dua atlet Myanmar, Wai Sai Min/Hein Aung Phyo dengan selisih 6,310 detik .Adapun Bui Thanh Pham/Tran Thanh berselisih 6,710 detik dari atlet Indonesia.

Dengan keberhasilan Anwar/Yuda tersebut, maka cabang olah raga dayung sudah menyumbang dua medali emas bagi kontingen Indonesia yang tengah berpacu dengan kontingen Vietnam memperebutkan posisi kedua di bawah tuan rumah Filipina yang sulit untuk dikejar.

Prestasi yang diraih Yuda langsung mengharumkan nama Kota Bogor. Ia memang merupakan atlet binaan Kota Hujan. “Kami tentu bangga dengan torehan Yuda. Ia memang sudah diprediksi bisa raih medali emas. Sebelumnya pada kejuaraan Asia juga pernah meraih prestasi serupa,” ujar Ketua Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argobie kepada Radar Bogor, kemarin.

KONI Kota Bogor memang menargetkan medali emas dari dua cabor yang diikuti atlet-atlet andalannya. Selain Yuda di dayung, masih ada Defia Rosmaniar dan Wawan di cabang olahraga (cabor) taekwondo. “Kalau judo ada I Kadek Karisna yang kami prediksi bisa meraih medali,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Benn ini menyatakan bahwa KONI akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk segera mempersiapkan apresiasi khusus bagi atlet yang mampu berprestasi di SEA Games. “Pasti kami akan apresiasi pastinya. Ya, yang pasti akan istimewa,” ungkapnya.

Hasil ini makin melengkapi torehan medali yang diraih para atlet Kota Bogor bagi Indonesia. Sebelumnya di cabor kurash, Siti Latifah dan Khasani Najmu Shifa masing-masing meraih medali perak dan perunggu. (rur)