25 radar bogor

Dedie : BJ Habibie Memegang Teguh Keseimbangan Antara Iptek dan Imtak

BJ-Habibie
Talk Show Cinta Tanpa Batas BJ Habibie di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Jalan Ir. H Djuanda, Kamis (05/12/2019).
BJ-Habibie
Talk Show Cinta Tanpa Batas BJ Habibie di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Jalan Ir. H Djuanda, Kamis (05/12/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menilai, sosok almarhum Presiden Republik Indonesia (RI) ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) merupakan tokoh bangsa yang telah memegang teguh keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dengan iman dan takwa (Imtak) dalam kehidupannya.

“Jadi, jika Iptek dan Imtak diterapkan secara seimbang, maka akan mampu membawa bangsa Indonesia lebih maju. Itu yang dicontohkan beliau (BJ Habibie),” katanya usai menghadiri Talk Show Cinta Tanpa Batas BJ Habibie di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Jalan Ir. H Djuanda, Kamis (05/12/2019).

Menurut Dedie, BJ Habibie merupakan seorang ilmuan yang jenius dan sosok yang luar biasa, sehingga menjadi panutan semua orang. Bahkan, kisah cinta dengan sang istri, almarhumah Hasri Ainun yang berjalan selama lebih dari 40 tahun menginspirasi banyak orang. Kisahnya diangkat ke layar lebar dengan judul Habibie & Ainun (2012). “Pak BJ Habibie merupakan sosok luar biasa, idola dan teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid sebelum membuka acara mengatakan, museum merupakan sarana akses informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal umum yang terkait dengan nilai-nilai sejarah, budaya, dan memori kolektif bangsa. Museum harus mengedukasi masyarakat melalui informasi yang menarik serta inspiratif.

Untuk itulah pada akhir 2019, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyelenggarakan kegiatan bincang-bincang di museum. Konsep ini dipilih sebagai salah satu upaya mendekatkan museum kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar, civitas akademik dan umumnya kaum milenial sebagai generasi muda strategis yang akan berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa kini maupun di masa-masa mendatang. “Tema bincang-bincang kali ini adalah “Cinta Tanpa Batas BJ Habibie”,” katanya.

Menurutnya, BJ Habibie banyak sekali memberikan sumbangan bagi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Beliau juga tidak pernah berhenti berpikir dan berbuat untuk menghasilkan karya bagi kemajuan bangsa.

Tidak hanya meletakkan dasar tradisi keilmuan dan pengembangan teknologi yang kokoh, BJ Habibie juga mengajarkan banyak tentang adab berpolitik, tata cara pemerintahan yang efektif, beragama dengan produktif, berkeluarga yang harmonis, dan banyak hal lainnya.

Plt Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Judi Wahjudin menuturkan, kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk penghargaan tokoh nasional Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) melalui pemikiran dan karyanya dalam membangun bangsa Indonesia, khususnya pada museum kepresidenan RI Balai Kirti.

Hadir sebagai narasumber Ilham Akbar Habibie, Manoj Punjabi dan Reza Rahadian. Acara Talk Show di moderatori oleh Rosiana Silalahi dan Insana Abdul Adjid Habibie. (Humpro :SZ/Hari)