25 radar bogor

Desember Ini, ASN Pemkot Bogor Dirombak Habis-Habisan

ASN-Kota-Bogor
Bima Arya mengajak ASN Pemkot Bogor untuk menyukseskan program dan kebijakan pemerintah pusat.
ASN-Kota-Bogor
Bima Arya mengajak ASN Pemkot Bogor untuk menyukseskan program dan kebijakan pemerintah pusat.

BOGOR-RADAR BOGOR, Penghujung 2019 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan merombak lingkungan Pemkot habis-habisan. Ihwalnya, masih banyak posisi jabatan eselon II di lingkungan Pemkot Bogor yang kosong.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, memastikan ada rotasi-mutasi serta perubahan pejabat pada Desember ini. Namun, pihaknya masih menunggu persetujuan dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Insya Allah, Desember ini ada pelantikan. Sekarang kami sedang menunggu persetujuan dari KASN,” katanya.

Ada empat posisi pejabat eselon II di Pemkot Bogor yang saat ini kosong. Jabatan itu antara lain dua posisi staf ahli, Asisten Umum Setda Bogor, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menambahkan, jumlah ASN yang mengalami rotasi-mutasi bisa saja mencapai ratusan. Hanya saja, untuk pejabat eselon II yang digeser atau promosi, tidak akan terlalu banyak. “Kalau total bisa saja mencapai ratusan,” singkat Ade.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karier pada Badan Kepegawaian dan Pendayagunaan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor Evandhy Dahni mengungkapkan, jumlah jabatan yang mengalami perubahan kurang lebih 103 posisi, sesuai dengan adanya Perubahan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 7 Tahun 2016, tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bogor.

“Maka ada 103 nomenklatur jabatan yang berubah dan harus dikukuhkan atau dilantik kembali. Saat ini untuk jabatan yang kosong jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama ada empat posisi, jabatan administrator 13 posisi, dan jabatan pengawas 43 posisi,” tutur Evan.

Dari informasi yang beredar, Kepala Dishub yang saat ini dijabat Rakhmawati akan diganti seperti juga posisi Herry Karnadi di Satpol PP Kota Bogor.

Tak hanya itu, yang bakal bergeser, kabarnya ada Kepala Dispora Kota Bogor, Eko Prabowo, kemudian Kepala DPMPTSP Denny Mulyadi, serta Kepala Diskominfotandi Firdaus.

Ada juga nama Kepala Bappeda Kota Bogor Erna Hernawati dan Kepala BPKAD Anggraini Iswara, yang bakal meninggalkan posisi lamanya.

Sementara di wilayah, puluhan lurah juga akan dilakukan pergantian, kemudian untuk Camat Bogor Barat menurut kabar akan diisi oleh sekcam saat ini. Dan Camat Utara yang saat ini dijabat Rahmat Hidayat bakal diganti oleh pejabat yang mendapatkan promosi. (ran/*)