Beranda Metropolis

Crane Proyek Tol BORR Patah, Satu Rumah Rusak. Pengendara Motor Terluka!

Crane-Tol-BORR
Crane di lokasi poyek Tol BORR Seksi III A yang patah Senin (2/12/2019) malam.

BOGOR – RADAR BOGOR, Insiden di lokasi proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIA kembali terjadi.

Kali ini crane yang sedang dioperasikan diantara pier head P136 dan P137, tepatnya di Jalan Sholeh Iskandar, Kelurahan Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal, patah, Senin (2/12/2019) malam.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Admodjo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul  21.50 WIB.

Saat itu,  lengan crane jenis link belt dengan kapasitas 35 ton patah  saat mengangkat besi casing bore pile untuk fondasi di off ramp Kayu Manis R17 B2.  Akibat kejadian itu,  sebagian jalan Sholeh Iskandar sempat ditutup sementara.

“Kemungkinan patahnya lengan crane karena lokasinya tidak stabil, tanahnya, sehingga kebanting. Ada juga kabel-kabel milik PLN,” ujarnya  kepada Radar Bogor tadi malam.

Hendro menegaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun untuk memperlancar pekerjaan, pihak pelaksana langsung memotong lengan crane yang menutupi sebagian Jalan Sholis  “Selanjutnya crane penyebab kejadian diangkut keluar dari area proyek,” jelas dia.

Dia juga memastikan pekerjaan di main road atau pekerjaan utama tetap dilaksanakan, karena tidak terpengaruh atas peristiwa itu. “Ini jadi pelajaran, kita meminta PLN untuk segera memindahkan kabel-kabelnya,” pungkasnya.

Pantauan wartawan di lokasi, crane yang patah sempat merusak salah satu rumah warga yang berada di depan proyek yang menghubungkan Simpang Yasmin dan Semplak tersebut.

Menurut Ponimin (42), salah seorang saksi mata  yang ditemui di lokasi kejadian, rumah yang terkena patahan crane adalah milik Agus penjual kayu kusen.

Dia bilang, sebelum patah, terdengar suara sling pengangkat barang putus.  Material yang sedang diangkat pun jatuh lalu pengait barangnya menimpa rumah milik Agus yang tepat berada di depan pekerjaan proyek.

“Rumah ketiban sama besi bandul yang untuk mengangkat barang, akibatnya asbes dan lampu rumah rusak,” beber warga Kayu Manis itu.

Selain rumah warga,  ada juga pengendara sepeda motor yang sempat terjatuh akibat menghindari patahan crane. Korban langsung dilarikan puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

“Pengendara motor cowok menghindar patahan, lalu jatuh dan tangannya lecet, langsung dibawa ke puskesmas,” ungkapnya. (gal/c)

Baca Juga