25 radar bogor

Waspada! Cuaca Buruk di Bogor Sepekan ke Depan, Hujan Lebat hingga Angin Kencang

Ilustrasi La Nina
Ilustrasi La Nina
Cuaca-BMKG
Ilustrasi Cuaca

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dalam sepekan terakhir, hujan yang turun di wilayah Kabupaten Bogor membuat warga was-was. Beberapa kawasan di Kabupaten Bogor bagian mendapatkan peringatan dini terjadinya bencana alam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam satu pekan ke depan, beberapa wilayah di Kabupaten Bogor akan mengalami cuaca buruk.

Curah hujan dengan intensitas lebat, dan disertai kilat serta angin kencang, berpotensi terjadi dalam sepekan kedepan.

Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono R Prabowo mejelaskan, cuaca ekstrim tersebut terjadi lantaran adanya peningkatan tekanan udara, di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir. Sehingga menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin, dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Desakan ini memberikan pasokan uap air yang cukup, yang dapat menyebabkan pembentukan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia.

Sementara itu, angin Timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat, dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian utara dalam beberapa hari ke depan.

“Hal ini juga dikarenakan saat ini kita sedang memasuki masa peralihan, atau fase pergantian musim dari kemarau menuju ke penghujan,” bebernya.

Sementara itu, BMKG Stasiun Klimatologi Citeko Forcaster Stamet, Ronald C Wattimena membenarkan hal ini. Berdasarkan pengamatannya, cuaca ekstrim bakal terjadi sepekan mendatang. Hal ini terjadi hampir diseluruh wilayah Kota dan Kabupaten, bahkan sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Intinya kami himbau kepada masyarat untuk tetap waspada,” tutupnya. (dka/c)