25 radar bogor

Pelatih Vietnam Ketar-Ketir Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Timnas-U22
Pemain Timnas U-22 saat menghadapi Thailand.
Timnas U-23
Egy Maulana melakukan selebrasi usai menjebol gawang Thaliand.

RADAR BOGOR-Pelatih Vietnam U-23 Park Hang-Seo mengaku Timnas Indonesia U-23 merupakan lawan terberat yang akan dihadapi timnya dalam laga Grup B SEA Games XXX/2019 Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Minggu (1/12/2019) malam (siaran langsung RCTI pukul 19:00 WIB).

Karena itu sampai Sabtu (30/11/2019), Skuad Vietnam masih berusaha menentukan komposisi inti mereka.

Vietnam merasa, melawan Indonesia merupakan titik aman. Artinya, mereka bisa menyiapkan mental dan strategi lebih matang lagi, untuk menghadapi dua lawan berat selanjutnya, Thailand dan Singapura

“Indonesia ini lawan paling sulit di Grup B. Pertandingan melawan Indonesia sangat penting, kami sedang berusaha menemukan sebelas pemain terbaik,” ucapnya seperti dilansir situs kenamaan vietnam, Bongda.

Park sendiri menyebut, sudah menonton pertandingan Indonesia dan mempelajari gaya main mereka. Dari rekaman yang didapatkan, ada sosok di lini tengah dan dua pemain sayap yang mumpuni.

Namun, melihat skill mereka, pemain Vietnam juga dianggap ada yang memiliki kemampuan meredam pemain-pemain tersebut.

“Kami sudah pelajari permainan Indonesia. Ada pemain yang menonjol, tetapi kami yakin pemain kami bisa menghentikan mereka dan memainkan permainan dengan baik,” tuturnya.

Pertandingan ini menjadi penting karena baik Indonesia maupun Vietnam butuh kemenangan untuk mengamankan satu kursi di semifinal. Dengan masih tersisa dua laga ke depan, mau tidak mau pertandingan ketiga ini jadi menentukan.

Siapakah yang lebih unggul? Indonesia selama di SEA Games era 2000-an saat jumpa Vietnam begitu dominan. Namun, di pertemuan terakhir pada 2017, keduanya main imbang 0-0, akankan skor ini terulang atau lahir tim pemenang?.

Target tiga poin sama-sama diapungkan oleh kedua tim. Namun, di atas kertas, Vietnam lebih diunggulkan atas Indonesia.

Catatan pertemuan terakhir Indonesia kontra Vietnam di ajang Pra Piala Dunia 2022 Oktober lalu, saat itu, skuat Merah Putih takluk dengan skor 1-3.

Kini, di laga ketiga grup B SEA Games 2019, menjadi penentuan langkah Timnas Indonesia karena harus habis-habisan untuk menang. Dengan tiga poin, maka langkah Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal bakal lebih pasti dan ringan.

Hanya, permasalahan pemain yang cedera menjadi sedikit kendala bagi Skuad Garuda Muda. Firza Andika dan M Rafli belum 100 persen kondisinya karena cedera saat lawan Singapura.

Menanggapi hal itu, kepada awak media di Filipina, Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri memastikan timnya sudah siapkan rencana lain.

“Kami sudah menyiapkan semuanya termasuk siapa mengganti siapa. Sesulit apa pun situasi, kami menanggapinya dengan respons yang baik dan positif,” kata Indra.

Memang, Vietnam yang tampil trengginas di dua laga awal dengan menumbangkan Brunei Darussalam 6-0 serta Laos 6-1.

Mereka juga memiliki jadwal laga yang lebih ideal dibanding Indonesia.

Bandingkan, Vietnam bermain perdana pada 25 November, sementara Indonesia pada 26 November. Keduanya kemudian bertanding kembali di hari yang sama pada 28 November dan baru bertanding pada 1 Desember malam nanti.

Artinya, dari segi waktu istirahat, pemain Vietnam lebih diuntungkan dibanding Indonesia. (dkk/ysp)