25 radar bogor

Usai Thaliand, Timnas Indonesia U-23 Hajar Singapura 2-0

Timnas U-23
Pemain Timnas selebrasi usai menjebol gawang Singapura, Kamis (28/11/2019).
Timnas U-23
Pemain Timnas selebrasi usai menjebol gawang Singapura, Kamis (28/11/2019). Foto Antara

MANILA-RADAR BOGOR, Hasil gemilang kembali ditorehkan Timnas Indonesia U-23 pada laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2019. Bermain di Rizal Memorial Stadium, Manila, Kamis (28/11/2019) malam WIB, Garuda Muda menang atas Singapura dua gol tanpa balas.

Kemenangan ini jelas makin mempermudah langka Timnas U-23 untuk lolos dari penyisihan grup. Pasalnya, pada laga selanjutnya Indonesia akan menghadapi dua tim yang tidak begitu diperhitungkan. Hanya Vietnam lawan cukup berat pada laga selanjutnya.

Pada laga melawan Singapura, Pelatih Indonesia U-23, Indra Sjafrie menurunkan skuad yang sama seperti ketika mengalahkan Thailand 2-0 pada pertandingan pertama.

Namun, Singapura yang sebelumnya bermain imbang tanpa gol lawan Laos, kali ini tampil lebih agresif. Bahkan sepanjang babak pertama, Singapura lebih banyak menekan pertahanan Indonesia.

Sementara Garuda Muda yang mengandalkan serangan balik, sangat jarang mengancam pertahanan lawan. Indra Sjafrie melakukan pergantian pemain di pertengahan babak pertama, Muhammad Rafli digantikan Osvaldo Haay.

Setelah serangkaian serangan kedua tim menemui jalan buntu, babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Memasuki babak kedua, permainan Indonesia U-23 lebih baik. Egy Maulana Vikri dkk mulai menguasai pertandingan dan kerap mengancam pertahanan lawan.

Menit 53, Egy mendapat peluang emas setelah lolos dari jebakan offside. Pemain Lechia Gdansk itu mengecoh satu pemain belakangan lawan di kotak penalti sebelum melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis kiper Singapura.

Beberapa saat kemudian, Indra menark Evan Dimas dan masuk Rachmat Irianto. Kali ini Syahrian Abimayu bisa lebih bebas membantu serangan karena Rachmat diplot sebagai gelandang bertahan murni.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit 64. Sebuah umpan jauh ke depan mengarah kepada Osvaldo Haay. Penyerang Persebaya Surabaya itu berhasil memenangkan duel dan menguasai bola, merangsek masuk ke kotak penalti. Sekali sepak keras bola meluncur deras melewati kedua kaki kiper Singapura. 1-0 Indonesia U-23 unggul.

Unggul satu gol membuat penggawa Garuda Muda lebih tenang menguasai permainan. Dan Sepuluh menit setelah gol Osvaldo, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini lewat aksi bek sayap asal PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar. Indonesia 2, Singapura 0.

Beberapa menit berselang, Asnawi nyaris mencetak gol keduanya pada laga ini. Sayang sepakan kerasnya setelah melakukan penetrasi di sisi kanan, hanya mengenai mistar gawang.

Hingga pertandingan berakhir skor 2-0 untuk Indonesia tidak berubah. Tambahan tiga poin membuat Indonesia tetap di posisi kedua klasemen sementara Grup B, sama dengan koleksi Vietnam, hanya kalah selisih gol. Pada laga ketiga, Timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat Vietnam pada 1 Desember 2019.(pin)