Beranda Bogor Raya

Gangguan Jiwa, Satu Keluarga di Rumpin Dipasung

Orang-Gila
Pendamping disabilitas mental ketika mengcek kesehatan kepada ODGJ di wilayah Rumpin.

RUMPIN-RADAR BOGOR, Orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Rumpin, Kabupaten Bogor cukup tinggi.

Berdasarkan data dari Pendamping Disabilitas Mental wilayah Rumpin, total kurang lebih ada 150 ODGJ tersebar di beberapa desa.

“Tapi yang selama ini ditangani tersebar di Desa Kampung Sawah, Lumpang, Cidokom, Sukasari, Mekarsari  dan Desa Kertajaya,” kata Pendamping Disabilitas Mental wilayah Rumpin Nurbani Firdaus.

Ia juga menambahkan, biasanya ia mendapat informasi tentang ODGJ dari warga, yang  kemudian ditinjau dan dilaporkan ke puskesmas serta berkoordinasi dengan dokter apakah bahaya atau tidak kondisinya.

“Sejauh ini ada yang dipasung di Desa Rumpin. Di Desa Cidokom juga ada, tapi sudah kita bebaskan tanggal 25 oktober. Jadi total ada dua orang yang dipasung namun kondisinya semakin hari sudah berangsur membaik,” tambahnya.

Nur juga menuturkan, pihaknya pun sempat menangani satu keluarga yang dipasung. Dan sudah dua tahun dalam pengawasan pihaknya. Setiap harinya dilakukan pemberian obat dan makanan.

“Selain itu, kita memberikan obat tapi ternyata tidak diminum dan rencana bakal dibawa ke RS Marzuki Mahdi untuk dilakukan pengobatan supaya terpantau,” tuturnya. (nal/c)

Baca Juga