Beranda Pendidikan

Belajar Jurnalistik dari Nol Bersama Koran Kampus IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu-satunya unit kegiatan mahasiswa (UKM) di IPB University yang bergerak di bidang jurnalistik adalah Koran Kampus (Korpus). Korpus IPB University menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat sebagai seorang jurnalis.

Tidak hanya belajar menjadi reporter atau jurnalis profesional, Korpus IPB University juga menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki hobi fotografi, menggambar, menyukai data, mendesain dan bernegosiasi. Hal tersebut dikarenakan Korpus IPB University menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk melatih dirinya menjadi seorang fotografer, marketing and communication, layout designer dan illustrator yang profesional.

Errizqi Dwi Cahyo selaku Pimpinan Umum Koran Kampus IPB University menuturkan, bahwa asyiknya mengikuti UKM Korpus IPB University antara lain adalah mahasiswa mendapatkan semua ilmu tentang jurnalistik mulai dari nol hingga bisa saja menjadi jurnalis, tidak peduli dari mana jurusan mahasiswa tersebut.

“Korpus IPB University terbuka bagi siapapun yang ingin belajar. Jika kamu belum bisa, jangan minder untuk ikut Korpus IPB University karena nantinya semuanya akan diajarkan dari awal di korpus,” tambahnya.

Keterampilan yang diperoleh dari Korpus IPB University membantu mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak anggota Korpus yang menjadi penulis lepas di sebuah media ataupun sebagai content writer. Banyak juga yang kuliah sambil bekerja sebagai freelance illustrator ataupun fotografer.

“Banyak pengalaman baru yang dapat diperoleh dengan mengikuti Korpus IPB University. Korpus IPB University sering diundang di beberapa acara yang berhubungan dengan jurnalistik. Bertemu dengan banyak orang menjadikan anggota Korpus IPB University memiliki jaringan koneksi dari berbagai latar sosial, pekerjaan, pendidikan, dan lainnya,” tambahnya.

Korpus IPB University memiliki banyak kegiatan menarik. Selain menyajikan bahan bacaan berdasarkan kejadian menarik di dalam dan di luar kampus, Korpus IPB University juga memproduksi koran, tabloid, buletin, antologi seni, dan berita online yang dapat diakses di korpusipb.com.

“Koran mahasiswa baru (Kormab) paling menarik menurut saya. Karena korannya dibagikan kepada ribuan mahasiswa baru (maba). Jadi, kita juga harus membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi maba agar lebih mengenal kondisi dan keadaan kampus yang akan jadi tempat dia mengemban ilmu. Di sini juga kita belajar bagaimana membuat hingga menerbitkan sebuah Koran. Mulai dari nol, semuanya kita yang mengerjakan,” ujar Errizqi.

Korpus IPB University berusaha tetap eksis dalam menyebarkan informasi terkini. Membuat konten yang up to date, baik dalam bentuk berita, artikel, infografis, komik, ilustrasi, foto, video, dan lain-lain untuk diupload di website korpusipb.com maupun di media sosialnya.
Tidak semua orang diperbolehkan mengintip rahasia dapur media pers atau lembaga pers. Keuntungan lain setelah menjadi anggota Korpus IPB University adalah mendapatkan kesempatan untuk melakukan studi banding baik ke media pers ataupun lembaga pers mahasiswa lainnya. Anggota Korpus IPB University dapat bertukar pikiran dan juga belajar banyak hal dari segi jurnalistik, organisasi, dan lainnya.

Baca Juga