25 radar bogor

Gara-gara Ini, Proyek Pembangunan Bendungan Sukamahi Ciawi Molor Dua Tahun

Bendungan-Sukamahi
Lokasi pembangunan Bendungan Sukamahi Ciawi. Sofyansyah/Radar Bogor.
Bendungan-Sukamahi
Lokasi pembangunan Bendungan Sukamahi Ciawi. Sofyansyah/Radar Bogor.

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Pembangunan Bendungan Sukamahi di Kecamatan Megamendung molor dari target yang sudah ditentukan.

Musababnya lagi-lagi soal pembebasan lahan. Kini proyek yang memakai anggaran Rp436,97 miliar itu diketahui baru mencapai 21 persen pengerjaan.

Camat Megamendung, Rismawan membenarkan hal itu. Dia mengatakan, proyek garapan PT Wijaya Karya-Basuki tersebut sudah terlambat jauh dari rencana yang dijanjikan.

Padahal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan dua bendungan Ciawi dan Sukamahi selesai akhir 2019.

“Ini kan molor jauh. Harusnya selesai 2019, molor lagi jadi 2021. Kita harap bisa segera diselesaikan,” kata Rismawan.

Bukan tanpa alasan Rismawan memprediksi demikian. Dia sempat turun langsung ke lokasi proyek dan melihat pengerjaan baru sekira 21 persen. “Kalau saya lihat lokasinya, masih jauh (target rampung),” ujarnya.

Diungkit soal pembebasan lahan, Rismawan menyebut sudah 80 persen lebih. “Data terakhir di angka 82,81 persen dari total pembebasan lahan seluas 5,23 hektare,” jelasnya.

Lambannya pembebasan lahan menurut dia tak terlepas dari munculnya kasus sertifikat ganda. Sehingga, harus betul-betul teliti dalam melakukan pembebasan lahan. “Ada tim validasinya. Sejauh ini masih berjalan,” tukasnya.(all/c)