25 radar bogor

Ustaz Abdul Somad Sebut Catur Haram, Begini Respons Menteri Agama

Olahraga-Catur
Ilustrasi Catur
Olahraga-Catur
Ilustrasi Catur

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pernyataan mengejutkan dating dari Ustaz Abdul Somad (UAS). Dai kondang itu menyepakati bahwa permainan catur hukumnya haram.

Pernyataan tersebut terekam dalam sebuah video saat Ustaz Somad memberi tausiah di KPK pada Rabu (20/11/2019). Ustaz Somad menjawab pertanyaan soal hukum permainan catur dan domino.

“Taz, boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu,” ungkap UAS dalam channel YouTube ‘teman ngaji’.

“Masa olahraga tapi bengong sampai tiga jam, aduh, mau persatuan catur nanti marah sama saya terserahlah,” sambung Ustaz Somad.

Sontak pernyataan Ustaz Somad itu membuat heboh dunia maya. Bahkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pun ikut merespons hal ini.

“Itu nggak usah ditanggapilah yang gitu-gitu ya. Malu nanti kita, malu diketawain orang banyak,” kata Fachrul di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

“Orang semua bisa lihat referensi dari mana pun. Saya selalu bilang ya, sekarang nggak ada orang bisa mengklaim paling tahu, paling hebat,” imbuh dia.

Menurut Fachrul, setiap orang memiliki referensi yang mungkin berbeda-beda. Dia pun mencontohkan seorang dokter spesialis yang dituntut oleh pasien karena memberi resep obat tak sesuai harapan pasien.

“Karena dokter spesialis pun bisa dituntut pasien yang tidak tahu apa-apa. Dia bisa mengatakan, ‘Dok, Anda salah ngasih obat ke saya, obat yang Anda kasih dampak negatifnya sangat banyak’. ‘Loh saya dokter spesialis’. ‘Lha saya baca dari ratusan dokter spesialis lain’,” katanya. (dtk/ysp)