25 radar bogor

Bupati Ade Yasin Support Alinea Kembangkan Peran Perempuan

Alinea
Bupati Bogor, Ade Yasin saat hadir dalam diskusi yang digelar oleh Aliansi Peduli Perempuan Indonesia (Alinea), kemarin.
Alinea
Bupati Bogor, Ade Yasin saat hadir dalam diskusi yang digelar oleh Aliansi Peduli Perempuan Indonesia (Alinea), kemarin.

CIBINONG – RADAR BOGOR, Kaum perempuan lintas organisasi dan profesi se-Kabupaten Bogor melaunching gerakan yang diberi nama Aliansi Peduli Perempuan Indonesia (Alinea). Aliena akan fokus pada pemeberdayaan perempuan di berbagai bidang.

Launching dilakukan bersamaan dengan diskusi media bertajuk Peran Perempuan dalam Pembangunan di Kabupaten Bogor. Sejumlah narasumber dihadirkan.

Mulai dari Bupati Bogor Ade Yasin, Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Sutisna, Ketua Alinea Farida Laela dan Akademisi Rita Rahmawati.

Ketua Alinea, farida Laela tak memungkiri kaum perempuan, termasuk di Bogor, masih dibebani stigma negatif. “Kita tahu selama ini kaum perempuan disubordinasikan. Perempuan hanya dikaitkan dengan dapur, sumur dan kasur,” kata Farida.

Menurutnya, kondisi itu membuat kaum perempuan sulit berkembang. Alinea hadir untuk menghapus stigma negatif tersebut. Selanjutnya, mendorong kaum perempuan berani mengekspresikan diri di ruang publik. “Ke depan kita ingin mengakomodir, memberdayakan kaum perempuan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin berharap Alinea bisa ikut berkiprah dalam pembangunan Kabupaten Bogor. Khususnya, membantu pemerintah daerah memberdayakan kaum perempuan.

“Perempuan sangat membantu dalam pembangunan Kabupaten Bogor, ada PKK, posyandu, ibu-ibu majlis taklim hingga di posisi-posisi strategis. Alinea harus disupport, bagaimana perempuan harus berani berekspresi, harus fokus,” pesan Ade Yasin.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni mengatakan, KPU akan menggandeng Alinea menjadi mitra untuk memberikan pendidikan politik berkelanjutan di Kabupaten Bogor. “Karena kita juga ada program sekolah politik perempuan,” pungkas Ummi. (dka/c)