Beranda Berita Utama

PNS Bekerja dari Rumah, MenPAN-RB Bandingkan dengan Kerja Wartawan

Tjahjo Kumolo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo tertarik dengan ide tentang pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah. Menurutnya, ide itu memungkinkan untuk direalisasikan.

“Memungkinkan, ini menarik nih. Baru pagi tadi kami rapat sama deputi untuk melihat dan mengkaji dulu,” ujar Tjahjo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/11).

Mantan Mendagri itu lantas membandingkan PNS dengan wartawan. ”Anda (wartawan) kerja di lapangan masuk ke pressroom, juga kerja di rumah, mengirim berita juga lewat handphone,” tuturnya.

“Intinya kan kecepatan untuk bekerja, dengan dia (PNS) di rumah kan juga bisa bekerja. Jangan di rumah pulang istirahat, orang di rumah juga bisa kerja, saya bisa kerja di mobil dan semua harus ada target kerja,” tambah Tjahjo.

Mantan legislator PDIP itu menambahkan, Kementerian PAN-RB memperoleh tugas mempercepat penataan struktur dan hierarki reformasi birokrasi yang menyangkut layanan umum dan investasi. “Orang bekerja tidak harus diartikan itu di kantor, nanti ada SOP (standard operating procedure),” ungkap Thahjo.

Namun, Tjahjo mengaku belum bisa berkomentar soal target kerja bagi PNS yang melaksanakan tugasnya di rumah. Sebab, Tjahjo juga tidak mau ada penyimpangan oleh PNS yang bekerja di luar kantor.

“Jangan sampai dia sering tugas di rumah, kerja di luar tidak ada artinya. Nanti pasti ada sanksi, kan sekarang sudah mulai ada pengurangan tunjangan,” jelas Tjahjo.(antara/jpnn)

Baca Juga