Beranda Olahraga

Evan dan Zulfiandi Senior di Timnas U-23, Indra Sjafri: Puzzle Lengkap

Pelatih timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri optimistis menghadapi SEA Games 2019.
Pelatih timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri optimistis menghadapi SEA Games 2019.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Siang ini skuad timnas U-23 Indonesia berangkat ke Filipina untuk berkompetisi di ajang SEA Games 2019. Kemarin pagi (20/11), Egy Maulana Vikri dkk menjalani latihan terakhir di Lapangan C Senayan. Skuad Garuda Muda diberi materi latihan set piece oleh sang pelatih Indra Sjafri.

Kurang lebih dua jam latihan digeber. Materi set piece yang diberikan beragam. Mulai tendangan bebas di luar area penalti, sepak pojok, hingga tendangan penalti. ”Ya, ini persiapan terakhir kami sebelum berangkat besok (hari ini, Red) jam 1 siang. Semua sudah dipersiapkan, elemen yang berkaitan dengan game plan,” ujar Indra kemarin.

Sebelum terbang ke Filipina, Indra juga mengumumkan empat pemain yang dicoret dari skuad. Mereka adalah Lutfi Kamal, Gian Zola, Kadek Agung, dan Awan Setho. Kini timnas sudah punya skuad resmi untuk SEA Games 2019. Dari 20 pemain yang dibawa, ada dua pemain senior, yaitu Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi. ”Puzzle sudah lengkap,” ucapnya.

Indra mengatakan sengaja berangkat sedikit lebih awal ke Filipina. Bukan karena masalah adaptasi. Dia tidak ingin anak asuhnya berlama-lama di Indonesia karena bisa mengganggu konsentrasi bertanding. ”Semua pemain tidak ada masalah. Persiapan sudah maksimal. Sudah beres semua, tinggal pertandingan saja,” ungkapnya.

Di antara 20 nama pemain yang dibawa ke Filipina, ada beberapa nama yang cukup mengejutkan. Bahkan, beberapa nama itu bisa menyisihkan nama-nama yang selama ini jadi langganan timnas. Sebut saja Feby Eka Putra, Irkham Zahrul Mila, dan Dodi Alexvan Djin.

Nama Feby sempat hilang karena kalah bersaing dengan sayap-sayap timnas seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Osvaldo Haay. Namun, dalam lebih dari sebulan persiapan, penampilannya di lima kali uji coba membuat Indra terkesan.

Pemain Persija Jakarta itu pun mengaku senang bisa masuk skuad. Feby berterima kasih kepada pelatih yang memercayainya. ”Saya ingin dapat medali emas. Siapa yang tidak mau memberikan prestasi untuk Indonesia? Yang pasti, sekarang harus fokus dan lebih kerja keras lagi agar bisa maksimal di Filipina,” tuturnya.

Sementara itu, meski namanya dicoret, Awan Setho mengaku legawa. Dia menghargai keputusan pelatih. ”Ya, sudah keputusan atasan, mau bagaimana? Persaingan dalam tim memang ketat. Saya harus lebih berusaha maksimal lagi agar bisa memberi bukti,” katanya.

Walau tidak masuk skuad SEA Games 2019, kiper Bhayangkara FC tersebut tetap mendoakan rekan-rekannya agar bisa tampil maksimal dan membawa pulang medali emas. ”Saya yakin skuad yang ada bisa memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Skuad Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2019

Kiper: Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi
Belakang: Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Dodi Alexvan Djin, Rachmat Irianto, Firza Andika, Andy Setyo Nugroho
Tengah: Zulfiandi, Feby Eka Putra, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Sani Rizki Fauzi, Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani
Depan: Muhammad Rafli, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Mila

(JPG)

Baca Juga