25 radar bogor

Mahasiswa IPB University Raih Juara Lomba Programming Tingkat Nasional

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa IPB University kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini,  tiga mahasiswa masing-masing dari Departemen Ilmu Komputer berhasil menyabet juara 3 dalam ajang Lomba Hology 2.0 Bidang Programming yang diadakan oleh Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu. Tim yang diberi nama twoACplz itu beranggotakan Usman Abdul Halim, Fajar Yuda Apriliano, dan Muhammad Dani Alfaris.

Lomba programming merupakan perlombaan mencari algoritma untuk memecahkan masalah yang diberikan. Dari algoritma tersebut nantinya akan dibuat program komputer yang bertugas sebagai pemecah masalah.
“Ketika lomba kami diminta untuk menganalisis proses yang dibutuhkan untuk mengubah input menjadi output yang diinginkan,” ungkap Dani, Ketua Tim.

Dani menjelaskan di dalam lomba programming, peserta diberi 6-10 soal dengan durasi waktu 4 jam. Program yang dihasilkan dari perlombaan tersebut harus sesuai dengan jumlah soal yang diberikan.

“Di lomba kemarin ada soal yang menurut kami dapat dikerjakan dengan implementasi algoritma bresenham, graph coloring dan manipulasi string,” tambah Dani.

Penilaian lomba dilakukan berdasarkan soal yang berhasil dikerjakan dan waktu pengerjaannya. Apabila program yang telah disubmit dinyatakan salah, berarti soal dianggap tidak selesai dikerjakan.

“Selama lomba berlangsung, kami hanya berhasil mengerjakan tiga soal,” paparnya.

Pada kesempatan kali ini, tim twoACplz harus melawan delapan universitas di Indonesia dan berhasil mendapat juara 3. Filosofi dari nama tim ini di ambil dari bahasa pemograman AC yang berarti accepted, koding yang berhasil di submit, dan target jumlah soal yang bisa dikerjakan.