25 radar bogor

Hasto Sebut DPRD dari PDIP Tak Boleh Korupsi dan Harus Hidup Sederhana

JAKARTA-RADAR BOGOR,Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mewajibkan seluruh anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia untuk tidak melakukan korupsi dan penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan diri sendiri. Hal itu merupakan pesan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, Selasa (19/11).

Hasto menegaskan bahwa DPP PDIP selalu mengirimkan surat edaran kepada kader untuk tak pernah menyalahgunakan kewenangan untuk memperkaya diri sendiri. Sebab, negara sudah memberikan pendapatan bersih sah alias take home pay yang sudah sangat cukup untuk para anggota dewan.

Negara sudah memberikan yang memadai untuk hidup sebagai wakil rakyat. Maka, mereka yang korupsi tak akan mendapat tempat. Dipecat seketika,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan bahwa para anggota dewan harus menghadirkan wajah partai yang sebenarnya. “Jadi bukan hidup bermewah-mewah. Hiduplah sederhana,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menyampaikan setiap kader partai yang duduk di legislatif untuk memperkuat gerakan ekonomi kerakyatan. Legislator asal PDIP harus menghadirkan kebijakan politik yang mendukung.

Di sisi lain, setiap anggota dewan dari PDIP juga wajib memahami dan memiliki pandangan luas soal kondisi geopolitik. Hasto lalu menjelaskan panjang soal ketegangan di Timur Tengah saat ini yang tak lepas dari intervensi kepentingan negara asing. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa kasus yang menunjukkan percobaan-percobaan sejenis, misalnya dalam kasus-kasus intoleransi yang merupakan akar dari radikalisme.

Sebagai pengusung utama pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, seluruh kader kita wajib memahami geopolitik itu. Setidaknya untuk mencegah jangan sampai kepentingan asing memainkan politik di dalam negeri. Anda harus pahami bahayanya intervensi asing dalam politik sebuah bangsa,” ujar Hasto.(JPS)