Beranda Olahraga

Andai Insiden Itu Tidak Terjadi, Albon Akan Jadi Pembalap Asia Terbaik

Mercedes’ British driver Lewis Hamilton vashes Red Bull’s Thai driver Alexander Albon off the track during the F1 Brazil Grand Prix, at the Interlagos racetrack in Sao Paulo, Brazil on November 17, 2019. (Photo by Douglas Magno / AFP)

JAKARTA – RADAR BOGOR,Pantas jika fans Formula 1, khususnya di Asia, ngamuk berat ketika Lewis Hamilton menabrak Alexander Albon di tikungan kesepuluh saat keduanya berebut posisi kedua di lap ke-70 GP Brasil.

Balapan kurang satu putaran lagi. Dan, jika insiden itu tidak terjadi, sejarah bakal terukir.

Albon akan menjadi pembalap Asia Tenggara pertama yang berhasil finis di podium. Dia juga akan menjadi pembalap Asia pertama yang berhasil finis terbaik di Formula 1. Dalam sejarah F1, finis terbaik pembalap Asia adalah di podium ketiga. Masih ada satu lagi, pembalap Thailand itu nyaris saja menjadi pembalap Asia pertama yang berdiri di podium setelah Kamui Kobayashi pada GP Jepang 2012.

Hamilton sendiri langsung mengakui kesalahannya. ’’Aku betul-betul meminta maaf kepada Albon. Tentu saja aku tidak pernah bermaksud bersenggolan dengan siapa pun. Tetapi, hari ini aku mengambil risiko terlalu besar,’’ sesalnya.

Setelah melalui pembahasan, akhirnya pengawas lomba menjatuhkan penalti 5 detik kepada bintang Mercedes tersebut. Yang awalnya finis ketiga, Hamilton akhirnya dilorot ke urutan ketujuh.

Bagi Albon, insiden tersebut membuatnya kecewa berat. Dan, yang membikin situasi itu menyesakkan adalah pasukan Honda sedang tampil bagus-bagusnya di Brasil.

’’Dia (Hamilton) bisa menyalipku kapan saja, misalnya di tikungan 1. Toh, ban dia lebih baru,’’ kesalnya.

Namun, dia masih punya harapan jika menilik performa mobilnya di Brasil. ’’Balapan berikutnya! (seri terakhir di Abu Dhabi 1 Desember),’’ tegasnya.(JPS)

 

Baca Juga