Beranda Olahraga

Tergelincir di Kandang, maka Selamat Datang di Liga 2, Persela!

Pelatih Persela Nil Maizar menghampiri pendukung Persela saat bertanding melawan Persija di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi (15/11)
Pelatih Persela Nil Maizar menghampiri pendukung Persela saat bertanding melawan Persija di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi (15/11)

RADAR BOGOR, Liga 1 musim 2019 memasuki pacuan akhir. Masing-masing kesebelasan tinggal menjalani tujuh pertandingan. Pertarungan untuk lepas dari jerat degradasi begitu sengit. Setidaknya ada lima tim yang posisinya benar-benar tidak aman dari ancaman degradasi. Salah satunya Persela Lamongan.

Empat tim lainnya adalah Semen Padang, Kalteng Putra, Perseru Badak Lampung FC, dan Barito Putera. Semen Padang dan Kalteng Putra tinggal memiliki tiga laga kandang. Persela bersama Kalteng Putra dan Barito Putera mempunyai empat pertandingan di rumah sendiri.

Jika kelimanya mampu memaksimalkan semua laga kandangnya, Persela dalam posisi sulit. Sebab, Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– hanya akan mendulang 37 poin. Perolehan mereka kalah dari Kalteng Putra yang berpotensi mendulang 38 poin dan Barito berpeluang memperoleh 42 poin. Sementara itu, Perseru Badak Lampung FC hanya mendapatkan 36 poin dan Semen Padang 33 poin.

Kalau kalkulasinya seperti itu, Persela tentu berada di posisi 16. Itu pun dengan catatan Persela tidak boleh tergelincir lagi di Stadion Surajaya, Lamongan. ’’Kami bertekad mengamankan semua laga kandang kami. Kami sudah bicarakan ini dengan semua yang ada di tim,’’ tegas pelatih Persela, Nil Maizar.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat, itu menyadari, jika sampai tergelincir, selesailah perjalanan Persela. Sebelumnya, Persela delapan kali gagal menjaga keangkeran Stadion Surajaya. Dua kali tumbang dan enam kali seri. Hasil tersebut tentu tidak boleh diulang. Apalagi hanya menang di kandang. Hal itu belum cukup untuk membuat Persela aman.

’’Kami akan berjuang sampai pertandingan terakhir. Sampai detik akhir. Tidak hanya mengamankan empat laga kandang, tapi juga harus mencuri poin di pertandingan tandang,’’ kata Nil.

Empat laga kandang yang akan dijalani Persela adalah melawan Perseru Badak Lampung FC (20/11), PSM Makassar (7/12), PSS Sleman (11/12), dan Semen Padang (22/12). Tiga partai tandang akan dijalani di markas Borneo FC, Persib Bandung, dan PS Tira Persikabo. Nil sudah menargetkan bisa mencuri satu poin di setiap laga tandang. ’’Kami yakin Persela bertahan di Liga 1 dan kami optimistis bisa merealisasikan target poin yang sudah kami canangkan,’’ papar mantan pelatih timnas Indonesia tersebut.

(JPG)

Baca Juga