Beranda Olahraga

Kalah 2-0, Malaysia Kubur Mimpi Indonesia untuk Tampil di Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia kembali harus menelan kekalahan 2-0 dari Malaysia.

KUALA LUMPUR–RADAR BOGOR, Timnas Indonesia untuk kedua kalinya harus tumbang dari Malaysia. Pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Timnas Garuda kalah 2-0 dari tuan rumah, Selasa (19/11/2019) malam.

Pada pertandingan ini, Yeyen Tumena yang dipercaya sebagai pelatih sementara setelah Simon McMenemy dipecat menurunkan kiper Madura United, Muhammad Ridho di bawah mistar Garuda.

Otavio Dutra dan Yanto Basna berduet di jantung pertahanan, dibantu Gavin Kwan dan Ricky Fajrin di kiri dan kanan. Sementara Bayu Pradana, Hendro Siswanto dan Teuku Ichsan berjibaku dengan para gelandang Harimau Malaya.

Sedangkan Febri Hariyadi dan David Maulana beroperasi sisi sayap lini serang Indonesia. Adapun untuk posisi penyerang utama, Yeyen Tumena mempercayakan Greg Nwokolo. Perubahan strategi permainan yang dilakukan sang pelatih, tidak banyak berefek.

Buktinya, Timnas Indonesia lagi-lagi haru kalah dari Malaysia. Malaysia selaku tuan rumah tampil menekan sejak kick off. Kubu tuan rumah lebih dominan dalam penguasaan bola.

Meski demikian, Indonesia lebih banyak menciptakan peluang. Jika Harimau Malaya menciptakan tiga peluang matang, dua shot on goal, Timnas Garuda punya setidaknya enam peluang bagus dan empat diantaranya mengarah ke gawang lawan. Sayang, semuanya tidaka ada yang berbuah gol.

Malahan tim asuhan Tan Cheng Hoe itu yang mampu mencetak skor lebih dulu, pada menit 30 lewat aksi Muhammad Safawi Rasid. Skor 1-0 untuk Malaysia bertahan hingga jeda babak pertama.

Tertinggal 1-0, Timnas Indonesia justru tidak bermain lebih baik. Gawang Timnas Indonesia justru harus kembali kebobolan, lagi-lagi lewat Muhammad Safawi Rasid.

Indonesia punya kesempatan emas untuk memperkecil ketertinggalan lewat kotak penelti, setelah Febri Haryadi dijatuhkan kiper. Sayang, peluang emas di menit 80 itu tidak berbuah gol.

Dengan hasil ini, Indonesia tak sekali pun merasakan kemenangan dari lima laga yang sudah dilakoni. Hasil ini pun jelas mengubur mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2022.(pin)

Baca Juga