25 radar bogor

Rayakan Hari Pahlawan, Sekolah Ananda Bogor Peduli Veteran

Sekolah-Ananda
Perwakilan Sahabat Veteran bersama sebagian veteran dan perwakilan Sekolah Ananda Bogor.
Sekolah-Ananda
Perwakilan Sahabat Veteran bersama sebagian veteran dan perwakilan Sekolah Ananda Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, SMP dan SMA Ananda Bogor mengadakan acara bakti veteran bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, yang jatuh 10 November.

Sehari setelahnya,  SMP dan SMA Ananda mengundang kembali kakek-kakek Veteran untuk hadir merayakan bersama Hari Pahlawan. Mereka bergembira bersama.

Sebelumnya, sekolah Ananda Bogor mengadakan upacara dilanjurkan persembahan drama musikal lalu ramah tamah. Acara ini bertujuan menanamkan nilai-nilai perjuangan, membangun sikap nasionalisme di kalangan anak-anak didik Sekolah Ananda Bogor.

“Kita bekerjasama dengan Sahabat Veteran yang dipimpin Ibu Amanati R. Prasodjo,” jelas Kepala SMA Ananda Bogor, Nio She Mi.  Adapun veteran Kota Bogor berjumlah delapan orang.

Drama musikal, tambahnya, merupakan persembahan dari siswa-siswi SMP dan SMA  Ananda Bogor. “Penulis dan sutradara anak SMA Ananda dkk, Rosni dkk,” ujarnya.

Ia menuturkan, satu bulan lalu sekolah Ananda dikunjungi kakek-kakek veteran pejuang dan pembela NKRI, yang berjuang untuk kemerdekaan dan membela ketika NKRI berusaha dijajah lagi.

“Dengan semangat, kakek-kakek bercerita ttg sengitnya perjuangan yg berbentuk peperangan dengan kontak fisik langsung. Cucu-cucu yang sangat jarang mendengar langsung cerita perjuangan masa itu, sangat antusias mendengarkan,” terangnya.

Selain drama, ada tari-tarian, puisi, gerak jalan, pidato, stand up comedy, Barong, Liong, semua dikemas dengan gembira dan penuh rasa syukur.

“Acara pertunjukan yang jarang sekali mereka adakan, ternyata tidak sama sekali membuat mereka canggung untuk semua turun dan unjuk kebolehan. Semua hanya untuk membuat bahagia kakek-kakek pahlawan mereka. Yang selama ini tak mereka kenal.  Kasih Sayang Tuhan tautkan dalam pertemuan yang indah walau sederhana namun sangat bermakna,” pungkasnya.

Ia berharap, semangat jiwa juang keluhuran bangsa ini terus terjaga selamanya. Kegiatan bakti veteran diadakan dua kali pada 10 Oktober dan 11 November. (pia)