25 radar bogor

Persija vs Persela: Misi Sulit Lepas dari Degradasi dengan Skuad Muda

Rafael Gomes de Oliveira menjadi andalan lini serang Persela menantang Persija sore ini.
Rafael Gomes de Oliveira menjadi andalan lini serang Persela menantang Persija sore ini.
Rafael Gomes de Oliveira menjadi andalan lini serang Persela menantang Persija sore ini.
Rafael Gomes de Oliveira menjadi andalan lini serang Persela menantang Persija sore ini.

CIKARANG-RADAR BOGOR, Misi sulit diemban Persela Lamongan sore nanti. Bertandang ke kandang Persija Jakarta, Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu wajib mendapatkan poin jika tidak ingin kian terbenam di zona degradasi. Tambahan poin akan memberikan asa bagi Birrul Walidain dkk untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

Masalahnya, mendapatkan poin dari laga melawan Persija sangat tidak mudah. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu sedang on fire. Di pertandingan sebelumnya (11/11), Ismed Sofyan dkk berhasil menekuk Borneo FC dengan skor 4-2. Tim ibu kota juga belum tersentuh kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir.

Apalagi, sore ini Persela menantang dengan membawa banyak pemain muda. Mulai bawah mistar hingga posisi penyerang. Sebut saja di posisi kiper, ada nama Rio Agatha. Dia merupakan penjaga gawang Persela U-20. Dia mengisi posisi Dwi Kuswanto yang masih cedera bahu kanan. Sedangkan di jantung pertahanan, Persela membawa M. Zainuri, Feri Sistianto, dan Evander Yarangga yang berusia di bawah 24 tahun.

Di lini tengah hingga depan pun, mayoritas diisi pemain muda. Ada Izmy Hatuwe, Lucas Guruh, Delfin Rumbino, Riyanto Abiyoso, dan Kei Hirose. Di barisan penyerang, malah ada tiga pemain yang berusia di bawah 21 tahun. Yakni, Sugeng Efendi, M. Ridwan, dan Ghifari Vaiz.

Dari total 18 pemain yang dibawa untuk menantang Persija, hanya tiga yang berusia di atas 25 tahun, yakni Dian Agus Prasetyo, Lucky Wahyu, dan Rafael ”Rafinha” Oliveira. ”Komposisi yang kami bawa ini untuk menggantikan banyak sekali pemain pilar kami yang absen,” ujar pelatih Persela Nil Maizar. Selain Dwi Kuswanto, Persela juga tidak bisa membawa Arif Satria, Demerson Bruno Costa, Eky Taufik, dan Alex Dos Santos Goncalves. Lucky Wahyu yang sempat diragukan akhirnya dibawa untuk menghadapi Persija.

Walau begitu, pelatih dari Payakumbuh, Sumatera Barat, itu yakin dengan kemampuan anak asuhnya. ”Pertandingan melawan Persija bukan sekadar soal teknik, tapi juga soal mental. Dan saya percaya dengan pemain-pemain yang kami bawa kali ini,” kata Nil.

Nah, Nil pun percaya bahwa magic-nya musim lalu, ketika membuat PS Tira Persikabo bertahan di Liga 1, bakal terulang di Persela. Sebab, tim yang berkostum biru muda itu bukan satu-satunya yang terancam terdegradasi ke Liga 2. ”Tujuh tim berpeluang untuk degradasi dan tidak degradasi. Mudah-mudahan ini bisa kami perjuangkan dengan baik,” harapnya.

Selain itu, dia sangat percaya bahwa pemainnya ikut membantunya mewujudkan hal tersebut. ”Saya percaya mereka akan memberikan yang terbaik untuk Persela. Sebab, semua sudah bertekad membawa Persela bertahan di Liga 1. Kami berharap tekad itu juga mendapat dukungan dari seluruh suporter Persela. Mari kita bersatu untuk membawa Persela tetap berada di kasta teratas,” tegas Nil.

Sementara itu, meski timnya on fire, pelatih Persija, Edson Tavares menyatakan, tidaklah mudah menang atas Persela. Walaupun lawannya itu harus kehilangan lima pemain pilar, bagi Tavares, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi. ”Oke, ada pemain (Persela, Red) yang absen. Tapi, bukan soal itu seharusnya yang dibahas. Besok (hari ini, Red) Persija masuk ke lapangan, membutuhkan posisi yang lebih baik. Harus fokus ke pertandingan. Bukan soal pemain-pemain lawan yang tak main,” tegasnya.

Perkiraan Pemain
Persija Jakarta (4-3-3): 88-Shahar Ginanjar (g); 14-Ismed Sofyan (c), 2-Alexandre Xandao, 19-Fachrudin Aryanto, 16-Tony Sucipto; 45-Sandi Sute, 32-Rohit Chand, 99-Rachmad Hidayat; 11-Novri Setiawan, 9-Marko Simic, 25-Riko Simanjuntak.
Pelatih: Edson Tavares

Persela Lamongan (4-2-3-1): 22-Dian Agus P. (g); 14-Birrul Walidain (c), 2-M. Zaenuri, 15-Feri Sistianto, 23-Izmy Yaman; 13-Lucky Wahyu, 8-Kei Hirose; 27-Sugeng Efendi, 21-Riyatno Abiyoso, 77-Malik Risaldi; 26-Rafael Gomes de Oliveira
Pelatih: Nil Maizar

Stadion: Wibawa Mukti, Cikarang
Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

(JPG)