25 radar bogor

Efek Cedera Parah, Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perjalanan Jorge Lorenzo di ajang MotoGP segera menemui akhir. Seri GP Valencia pada Minggu (17/11) lusa akan jadi balapan terakhirnya.

Peraih 3 kali juara dunia MotoGP ini telah mengumumkan untuk pensiun pada Kamis malam (14/11). Penyebab utamanya tak lain kondisi fisiknya yang sudah tak memungkinkan lagi untuk membalap sepanjang tahun.

“Ini akan jadi balapan terakhir saya di MotoGP, setelahnya saya akan pensiun dari balapan profesional,” ucap Lorenzo saat melakukan konferensi pers di Valencia, Spanyol, Kamis (14/11).

Dilansir AFP, pembalap 32 tahun ini memang sempat mengalami cedera parah di tulang belakangnya. Cedera ini didapat pembalap tim Repsol Honda itu usai mengalami kecelakaan di sesi latihan jelang GP Belanda, Juni lalu.

“Cedera berperan penting dalam hasil dan performa saya. Jadi fisik saya tidak lagi mampu berada di kondisi normal,” imbuh dia.

Usai insiden itu, Lorenzo sempat berpikir untuk pensiun. Namun, dia kemudian berpikir ulang dan memilih untuk coba kembali membalap. Hingga akhirnya memutuskan mundur setelah kembali berpikir panjang dan mendalam.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pembalap. Yaitu balapan perdana, kemenangan pertama, kemudian gelar juara dunia pertama. Karena tidak semua orang bisa menjadi juara dunia,” ucap Lorenzo.

“Terakhir adalah hari saat Anda pensiun. Seperti yang Anda semua bayangkan di sini, saya ada di sini untuk mengumumkan bahwa hari tersebut telah tiba,” imbuh pembalap asal Spanyol itu.

Jorge Lorenzo memang termasuk pembalap sukses. Selama 18 tahun berkiprah di dunia balap, Lorenzo pernah meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015. Lorenzo juga pernah dua kali menjadi juara dunia di kelas 250cc.(pin/rmol)