Beranda Olahraga

Rasis Terhadap Rekan Setim, Playmaker Man City Tak Bisa Tampil Lawan Chelsea

Monaco’s Portuguese midfielder Bernardo Silva speaks during a press conference in Monaco on March 14, 2017, on the eve of their UEFA Champions League football match against Manchester City. / AFP PHOTO / VALERY HACHE (Photo credit should read VALERY HACHE/AFP/Getty Images)

MANCHESTER –RADAR BOGOR,  Federasi sepak bola Inggris, FA baru saja menjatuhkan sanksi tegas terhadap gelandang Manchester City, Bernardo Silva. Playmaker berkebangsaan Portugal itu diskorsing satu pertandingan dan denda 50 ribu pound atau sekitar Rp850 juta karena tindakan rasis.

Akibatnya, Silva dipastikan absen pada laga bigmatch kontra Chelsea di Etihad Stadium pada 23 November mendatang.

Pemain internasional Portugal itu akan menjalani skorsing satu pertandingan sehubungan dengan cuitannya di media sosial tentang rekan satu timnya, Benjamin Mendy.

Silva didakwa oleh FA bulan lalu setelah dia membandingkan karakter Mendy dengan paket Conguitos.

FA menuding bahwa tweet Silva menjadi preseden buruk bagi sepak bola Inggris dan bahwa posting tersebut merupakan pelanggaran dari aturan tentang perilaku media sosial karena tampaknya merujuk pada ras bek kiri itu.

Pada saat itu diperkirakan Silva – yang dengan cepat menghapus posting – akan mendapat hukuman skorsing yang panjang. Tapi ternyata hanya satu pertandingan.

Dengan demikian, Silva hanya bisa duduk manis menonton rekan-rekannya bertanding melawan tim asuhan Frank Lampard setelah jeda internasional. Ia juga harus membayar denda 50.000 pound karena cuitannya.

Pernyataan melalui situs resmi FA berbunyi: “Bernardo Silva telah diskors satu pertandingan kompetitif tim utama, didenda 50.000 pound dan harus menyelesaikan pendidikan tatap muka setelah mengakui pelanggaran Peraturan FA E3.”

Aktivitas media sosial gelandang Manchester City pada 22 September 2019 melanggar aturan FA, E3 (1), karena dianggap menghina dan / atau tidak pantas dan / atau membuat game menjadi jelek, dan merupakan Pelanggaran yang Diperburuk, yang didefinisikan dalam FA Peraturan E3 (2), karena termasuk referensi, baik tersurat maupun tersirat, untuk ras dan / atau warna dan / atau asal etnis.”

City saat ini tertinggal sembilan poin dari Liverpool menyusul kekalahan 3-1 akhir pekan lalu di Anfield, di mana Silva mencetak gol hiburan tim tamu. Pep tentu tidak ingin kehilangan lebih banyak poin karena mereka berambisi mempertahankan gelar musim ini.

Pemain berusia 25 tahun ini telah mencetak lima gol dan dua assist dalam 11 penampilan Liga Premier sejauh ini. Ia juga mencetak gol dalam kemenangan 6-0 atas Chelsea musim lalu.

Untungnya, Guardiola memiliki banyak pilihan sebagai pengganti Bernardo Silva. Seperti Riyad Mahrez yang bisa melengkapi trio penyerang bersama Raheem Sterling dan Sergio Aguero.(pojoksatu)

Baca Juga