Beranda Politik

Pilkada Solo 2020, Petahana Manut Dipasangkan dengan Gibran

JAKARTA -RADAR BOGOR,Kota Solo bakal menggelar pilkada pada 2020. Salah satu kandidat yang palong menyinta perhatian adalah, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Majunya Gibran di kancah politik lokal tentu saja langsung membuat peta politik Solo dan Jawa tengah berubah. Apalagi Gibran sudah beberapa kali bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menanggapi itu, Petahana Wakil Wali kota Solo Achmad Purnomo mengatakan, dirinya siap berpasangan dengan siapa saja. Termasuk dengan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Wali Kota 2020. Dia siap mematuhi apapun putusan partai.

Banyak sekali kemungkinannya, bisa saja Gibran berpasangan dengan saya. Sebagai kader partai dan diberikan tugas harus siap. Saya akan tunggu hasil rekomendasi dari DPP PDIP,” kata Purnomo di Solo sebagaimana dilansir dari rm.co.id.

Purnomo juga menjelaskan, dirinya bukan mencalonkan, melainkan dicalonkan partai. Tapi, mekanisme partai akan tetap dipatuhinya termasuk bunyi rekomendasi dari DPP terkait pasangannya di Pilkada 2020.

Nanti perintah dari partai kepada saya apa. Sampai saat ini Saya belum ada komunikasi dengan Gibran. Saya hanya pernah bertemu saat melayat ibunda salah satu anggota DPRD Kota Surakarta, beberapa waktu lalu,” katanya.

Disinggung soal aktivitas blusukan Gibran ke sejumlah tempat, Purnomo menganggap itu biasa saja. Tujuannya mengenalkan diri agar dikenal masyarakat.

Sebagai Wakil Wali Kota, saya sudah setiap hari blusukan ke kampung-kampung di Solo. Yang terpenting menjalankan tugas sepenuh hati,” katanya.

Sementara, Ketua DPC PD IP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, tugasnya sudah selesai dari penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwakot Surakarta 2020. Dari anak ranting, PAC PDIP, dan hasil rapat DPC sudah selesai. Hingga yang muncul adalah pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Hadi juga menegaskan, dirinya sudah mengirimkan rekomendasi pasangan calon itu ke DPP PDIP. Bahkan, dilengkapi tanda tangan anak ranting, PAC, dan DPC PDIP Kota Surakarta. “Jadi tugas saya untuk menjaringan sudah selesai,” tandasnya.

Diketahui, peluang Gibran ikut Pilkada Kota Solo masih terbuka lebar, kendati DPC PDIP Solo sudah merekomendasikan pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa Di Pilkada Solo 2020.

Bahkan, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani di gedung DPR akhir Oktober lalu mengatakan, Gibran masih memiliki kesempatan maju di Pilkada Solo, sama seperti calon lainnya. Asalkan, mau mengikuti mekanisme partai.

Mekanisme dimaksud adalah mereka yang ingin maju pilkada harus mengikuti mekanisme berjenjang, mulai dari pendaftaran hingga fit and proper test di internal PDIP. Selama belum ada rekomendasi DPP, jelas Puan, setiap orang akan diterima untuk mendaftarkan diri.

Memang selama belum ada keputusan, kita buka lebar pintu pendaftaran bagi siapa saja berminat maju pilkada atau jadi calon,” papar Ketua DPR RI itu.(JPS)

Baca Juga