25 radar bogor

Physics Goes To School diselenggarakan Oleh Departemen Fisika FMIPA IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR, Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), IPB University menyelenggarakan kegiatan Physics Goes To School (PGTS) di dua kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. Kegiatan PGTS merupakan program kerja Departemen Fisika FMIPA, IPB University yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi siswa terkait keilmuan fisika dan aplikasinya.

Sejauh ini, Departemen Fisika IPB University hanya menyelenggarakan kegiatan PGTS di wilayah Jawa Barat dan Banten sejak tahun 2012. Untuk memperluas wilayah cakupan kegiatan PGTS, Departemen Fisika IPB University berinisiatif menyelenggarakan PGTS yang pertama di luar pulau Jawa. Kegiatan PGTS kali ini diselenggarakan pada 24 Oktober 2019 di SMA Negeri 1 Pinrang dan 28 Oktober 2019 di SMA Negeri 1 Enrekang.

Dalam PGTS ini, Departemen Fisika IPB University mensosialisasikan program-program kerja dan capaian serta keunggulan Departemen Fisika IPB University dalam mengelola program pendidikan di IPB University.

Ketua Departemen Fisika FMIPA IPB University, Dr. Akhiruddin Maddu menyampaikan, bahwa Departemen Fisika mengemban misi mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang profesional dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Ilmu fisika adalah salah satu ilmu dasar yang mendasari pengembangan teknologi dan berperan dalam menghasilkan revolusi industri mulai industri 1.0 hingga 4.0. Hal ini dibuktikan oleh penggunaan internet dalam berbagai aktivitas yang dikenal sebagai Internet of Things (IoT),” lanjut Dosen IPB University ni.

Dalam PGTS juga disosialisasikan tentang fakultas/sekolah dan keunggulan program studi di IPB University, serta peran IPB University dalam membangun pertanian di Indonesia. Selain itu, juga diperkenalkan jalur penerimaan mahasiswa baru di IPB University seperti jalur  Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan jalur Ketua OSIS.

Tidak hanya sosialisasi, pada kesempatan kali ini para siswa-siswi SMA mendapat fasilitas coaching tentang robot dan IoT. Melalui coaching tersebut, dikenalkan robot dan perangkat IoT hasil inovasi mahasiswa dan alumni Departemen Fisika FMIPA IPB University.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Sulawesi Selatan, Baharuddin Iskandar turut menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di daerahnya tersebut. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan literasi siswa dalam bidang sains dan teknologi.

“Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi siswa terkait sains dan teknologi terkini dan dapat memotivasi siswa lebih giat belajar untuk meningkatkan kompetensinya. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan di sekolah-sekolah, khususnya di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Sulawesi Selatan,” kata Baharuddin.

Rangkaian kegiatan PGTS juga meliputi pertemuan dengan guru-guru fisika yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini bertujuan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan komunitas guru-guru fisika tingkat SMA atau yang sederajat melalui MGMP Fisika di suatu wilayah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Sebagian besar guru fisika di wilayah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang hadir dalam diskusi tersebut.