Beranda Nasional

Catat! Ini Daftar Oleh-Oleh Wajib Untuk Dibawa Pulang dari Yogya

Bakpia oleh-oleh khas Yogyakarta. (dok.blog.pergi.com)
Bakpia oleh-oleh khas Yogyakarta. (dok.blog.pergi.com)

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR,Yogya selalu punya sejuta keseruan yang wajib dieksplor. Mulai dari budayanya yang sangat unik, suasana kota yang begitu ramah dan tradisional, hingga kuliner lokal yang menggugah selera.

Tak hanya sampai di situ, Yogya juga menjadi ‘surga’ bagi para turis lokal dan asing untuk berburu banyak pernak-pernik, baju batik, hingga jajanan enak yang wajib dibawa pulang.

Ingin menghemat bujet perjalanan untuk membeli banyak oleh-oleh di Jogja? Caranya mudah cukup booking travel jogja Jakarta lalu nikmati perjalanannya. Setelah memesan travel jogja jakarta, Anda pastinya mau tahu apa saja oleh-oleh Yogya yang wajib diburu? Ini dia daftarnya. Let’s go shopping!

1. Blangkon

Satu lagi item fashion tradisional khas Yogya yang layak dijadikan oleh-oleh khususnya untuk para pria. Penutup kepala dengan material kain batik ini sangat identik dengan Yogya, mulai dari warga lokal hingga yang berdarah biru kerap mengenakan blangkon untuk sehari-hari dan acara lainnya. Topi ini sangat nyaman dan berdesain unik sekali, ketika dipakai akan terasa sekali budaya Yogya yang kental. Membeli oleh-oleh blangkon juga dapat menjadi sebuah langkah untuk melestarikan budaya tradisional Indonesia! Blangkon banyak dijual di berbagai toko busana dan aksesori dengan beragam macam warna dan motif. Wajib punya!

2. Gudeg

Selain bakpia, gudeg juga menjadi penganan wajib yang harus dibawa dari Yogya. Jangan khawatir gudeg akan basi ketika dibawa pulang, karena sekarang telah tersedia gudeg kering untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Rasanya juga tidak berbeda jauh dari gudeg pada umumnya, hanya saja terasa lebih manis. Gudeg kering ini bisa bertahan hingga tiga hari, dan sebaiknya disimpan di dalam lemari es untuk menjaga kualitas dan ketahanannya. Where to go? Cari gudeg kering di Gudeg Yu Djum yang menyediakan berbagai paket gudeg sesuai keinginan Anda.

3. Bakpia

Tidak lengkap kalau ke Yogya tapi belum beli bakpia. Anda bisa menemukan bakpia hampir di seluruh penjuru kota, mulai dari toko oleh-oleh, mall, hingga bandara. Cemilan ini terkenal karena rasanya yang sangat enak dan unik, biasanya berisi kacang hijau, keju, cokelat, hingga yang unik seperti green tea. Dijamin ketagihan! Bahkan sekarang tersedia pula bakpia dengan bentuk seperti soft cake ala Tokyo Banana, unik dan pastinya enak banget. Sebelum membeli bakpia, sangat disarankan untuk memeriksa kembali tanggal kadaluarsanya, sehingga tidak akan sia-sia ketika dibawa pulang atau saat mau diberikan kepada orang lain.

4. Batik

Salah satu identitas kota Yogya ini menjadi salah satu oleh-oleh yang paling istimewa. Batik dengan motif khas Yogya punya keunikan dan makna tersendiri, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Batik Yogya kerap diaplikasikan pada beragam busana dan aksesori seperti kemeja, blus, celana, topi, kain, selendang, sandal, dan lain sebagainya. Untuk menemukan batik Yogya yang bagus-bagus, Anda bisa mengarah ke Pasar Beringharjo atau ke butik-butik yang tersebat di Yogya yang punya beragam koleksi unik dan berkarakter.

5. Cokelat Monggo

Cokelat khas Yogya ini sudah terkenal di berbagai daerah, terbuat dari cokelat berkualitas yang hadir dalam bermacam rasa. Kemasannya yang tradisional dan terdapat gambar khas Yogya membuat cokelat Monggo dapat menjadi oleh-oleh yang spesial. Varian rasa yang bisa Anda coba dan beli untuk oleh-oleh adalah caramello, durian, mango, marzipan, white coffee, cinnamon, coconut, ginger, nutmeg, dan masih banyak lagi. Tersedia juga rasa yang unik dan langka seperti red chilli dan rendang. Penasaran?

6. Yangko

Mau coba kue moci khas Yogya? Berarti Anda harus mencoba yangko. Cemilan manis dan imut ini terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang cincang. Teksturnya kenyal, pasti kurang puas kalau cuma makan satu. Warna yangko yang colorful juga cocok dijadikan buah tangan yang pas untuk teman dan keluarga. Sebagai saran, jangan taruh yangko di tempat yang bersuhu terlalu panas agar tidak lengket dan meleleh. (*)

Baca Juga