25 radar bogor

Guru Besar IPB University Raih Silver Medallion di Malaysia

BOGOR-RADAR BOGOR, Prof. Clara M Kusharto, Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (Fema), IPB University dan mahasiswa bimbingannya, Mia Srimiati, S.Gz., M.Si., berhasil meraih Silver Medallion for Higher Education Professional Catagory di International Invention and Innovative Competition (InIIC) di Palace of the Golden Horses, Selangor, Malaysia, (2/11). Prof. Clara mengembangkan produk berbasis Clarias Gariepinus dan Moringa oleifera leaf flour.

“Inovasi ini diproses menjadi High Protein Liquid Food Formula untuk pasien luka bakar yang mengalami “hypercatabolism“. Pasien ini memerlukan zat gizi yang tinggi terutama energi dan protein yang diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan jaringan baru dan menggantikan zat gizi yang hilang akibat hypercatabolism. Selain itu, moringa leaf flour juga merupakan bahan pangan yang tinggi antioksidan dan mineral, yang  sangat dibutuhkan oleh pasien luka bakar untuk membantu proses penyembuhan luka. Inovasi ini telah didaftarkan dengan no. paten PQ 0201709742 tanggal 28/12/2017,” ujarnya.

Dalam mengembangkan produk ini, Prof. Clara dibantu oleh timnya antara lain dr. Mira Dewi, Ph.D., Utari Yunitaningrum S.Gz., N.A., Shofiyyatunnisa, S.Gz. dan Sari Winarti.

Acara yang diselenggarakan oleh MNNF Network ini diikuti 248 tim yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara.