Beranda Bogor Raya

Cium Dugaan Kecurangan, Empat Calon Minta Pilkades Kuripan Ciseeng Diulang

pilkades-serentak
Ilustrasi Pilkades Serentak

CISEENG-RADAR BOGOR, Empat calon kepala desa Kuripan Kecamatan Ciseeng meminta diadakan pemilihan ulang kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan Minggu (3/11/2019) lalu.

Musababnya adanya dugaan kecurangan yang dilakukan salah satu Cakades. Teranyar, Muspika Kecamatan dan Panitia Pilkades melakukan musyarakah untuk membahas masalah tersebut.

“Banyak temuan, seperti surat undangan ada dua macam, stempel ada dua besar dan kecil, surat undangan banyak yang hilang setelah dikolektif, dan surat suara tidak sesuai dengan pemilih,” kata salah satu Cakades nomor urut 3, Nurjaya kepada wartawan, kemarin.

Mantan Kades Kuripan dua periode tersebut meminta pertanggungjawaban dari temuan tim sukses. Bahkan ada dugaan panitia mendukung salah satu Cakades.

“Saya harap panitia Pilkades bisa menjelaskan perihal pelaksanaan Pilkades kuripan. Jangan sampai ada fitnah mengenai kecurangan pada Pilkades kemarin. Dan kami bersepakat diadakan pemilihan ulang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Desa Kuripan Misbah mengaku, pihaknya bakal mendengarkan dan menampung semua masukan yang disebutkan beberapa calon dan temuan di lapangan atas dugaan panitia mendukung salah satu Cakades.

“Kalau mengenai mendukung satu calon itu tidak benar, kami dipilih oleh BPD, dan kami pun sudah melakukan tahapan demi tahapan sampai hari pencoblosan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jika ditemukan penyelewengan itu bisa saja terjadi pemilihan ulang. Namun, saat ini masih dilakukan pengumpulan data dari setiap timses yang nantinya bakal dikordinasikan terlebih dahulu.

“Tapi kalau tidak bisa dibuktikan bisa diabaikan, karena keputusan ada di Pemerintah Kabupaten Bogor yakni Bupati,” pungkasnya.

Seperti diketahui Pilkades di wilayah Kecamatan Ciseeng yang bermasalah ada di dua desa, yaitu, desa Karihkil dan Desa Kuripan. Untuk Pilkades Desa Kuripan, di menangkan oleh petahana, yaitu, Siti Aswat Narulita menumbangkan empat calon kadesnya. (nal/c)

Baca Juga