Beranda Metropolis

Bima Arya Apresiasi Penyelenggaraan Lomba Bogorku Bersih, Ini Daftar Juaranya

Bogorku-Bersih
Malam penganugerahan Lomba Bogorku Bersih di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square Bogor, Selasa (12/11/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi penyelenggaraan lomba ‘Bogorku Bersih’. Selain bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kebersamaan antar warga dan aparatur wilayah.

Hal tersebut seperti diungkapkan Bima Arya dalam malam penganugerahan Lomba Bogorku Bersih di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square Bogor, Selasa (12/11/2019).

Bogorku Bersih 2019 mengusung tema “Sehat, Indah, Hijau, Tanggungjawab, Mandiri, Peduli”. Tahun ini, diikuti 956 peserta dan merebutkan 16 kategori penghargaan, mulai dari Permukiman Tepi Sungai, Perumahan Swadaya, Perumahan Teratur, Kampung Tematik, Sekolah (SD, SMP dan SMA), OPD, Kelurahan, Pusat Perbelanjaan, Restoran, Hotel hingga antar Pasar.

“Warga Bogor pasti punya ingatan yang sama, memori yang sama. Dulu Bogor bersih banget, dulu di Kebun Raya sore-sore kita lihat kalong berseliweran. Pagi-pagi memungut buah kenari. Bogor yang hijau, bogor yang membanggakan. Bahkan, Bogor pernah 8 kali menang Adipura sebagai kota terbersih di nusantara,” ungkap Bima.

Bima Arya bercerita, empat tahun lalu dirinya melakukan kunjungan kerja ke Surabaya untuk melihat dan berbagi pengalaman seputar kebersihan lingkungan. “Kami belajar bagaimana Ibu Risma (Wali Kota Surabaya) menjadikan Surabaya yang kering dan berdebu menjadi bersih dan hijau,” katanya.

Oleh karena itu, Pemkot Bogor terus konsern terhadap isu lingkungan untuk mengembalikan Kota Bogor seperti dulu yang bersih dan nyaman.

“Hari ini, empat tahun kemudian, suasananya sungguh sangat membanggakan. Indikatornya apa? Kalau di awal dulu yang ikuti lomba Bogorku Bersih tidak sebanyak ini. Sekarang kursi pun tidak cukup di ruangan ini. Kedua, dulu susah sekali nyari juri, sekarang semua orang ingin menjadi juri karena merasakan kebersamaan,” ujar Bima.

Seperti diketahui, juri Bogorku Bersih datang dari berbagai kalangan, selain wali kota, ada juga DPRD Kota Bogor, TNI/Polri, pengusaha, tokoh agama, rektor, komunitas, media dan lain sebagainya.

“Jadi Insya Allah penilaiannya valid dan obyektif. Tujuan kita satu, yakni ingin agar pergerakan menjadikan Bogor ini bersih berasal dari warga. Dari RT, RW, kelurahan, naik ke kecamatan, semua warganya bergerak,” jelasnya.

“Kita juga ingin membangunkan orang-orang yang tidur, yang cuek ketika sampah numpuk, yang cuek ketika warga stres karena sampahnya tidak diangkut. Siapakah orang-orang cuek ini? Mereka adalah birokrat yang yang tidur selama ini. Jadi kita bangunkan birokrat ini dengan cara seperti ini. Insya Allah, hari ini dan ke depan, para birokrat ini semangat untuk berlari menjadikan Bogor bersih dari sebelumnya. Bagi aparatur wilayah yang tidur, Insya Allah akan digeser. Tapi bagi yang sering turun ke lapangan, akan ada promosi kenaikan pangkat,” tambah dia.

Untuk para pemenang, kata Bima, akan mendapatkan intervensi oleh APBD untuk dibangun menjadi tempat yang lebih indah, khususnya Kampung Tematik. “Seperti bang Hazairin (CEO Radar Bogor Group) sampaikan, ini semua akan menjadi sumber PAD, menjadi sumber kesejahteraan kita semua,” pungkas Bima. ( Humpro )

Daftar Kategori dan Juara Lomba Bogorku Bersih 2019:

Kategori TPS3R
Juara 1 – Mutiara Bogor Raya Katulampa
Juara 2 – Citra Mandiri Kertamaya
Juara 3 – Ciremai Cipaku

Kategori Bank Sampah
Juara 1 – Unit Barokah
Juara 2 – Unit Kebon Kelapa
Juara 3 – Unit Kenanga

Kategori Polsek
Juara 1 – Bogor Selatan
Juara 2 – Bogor Utara
Juara 3 – Bogor Barat

Kategori Pasar
Juara 1 – Kebon Kembang
Juara 2 – Plaza Bogor
Juara 3 – Gunung Batu

Kategori Pusat Perbelanjaan
Juara 1 – Botani Square
Juara 2 – Lippo Ekalokasari Plaza
Juara 3 – Mall BTM

Kategori Restoran
Juara 1 – Bumi Aki
Juara 2 – Kedai Fatimah
Juara 3 – Kluwih

Kategori OPD
Juara 1 – Dinas Pertanian
Juara 2 – Dinas Kesehatan
Juara 3 – Disperumkim

Kategori Hotel
Juara 1 – Mirah
Juara 2 – Sahira
Juara 3 – 101 Suryakencana

Kategori Kelurahan
Juara 1 – Cibadak
Juara 2 – Ciluar
Juara 3 – Curug Mekar

Kategori Kampung Tematik
Juara 1 – Kampung Agro Eduwisata Organik Ciharashas
Juara 2 – Kampung Berisik
Juara 3 – Kampung Labirin

Kategori SD
Juara 1 – SDN Cipaku Perumda
Juara 2 – SDN Kedung Halang 5
Juara 3 – SDN Selaawi

Kategori SMP
Juara 1 – SMPN 5
Juara 2 – SMPN 20
Juara 3 – SMPN 14

Kategori SMA
Juara 1 – SMA Kesatuan
Juara 2 – SMA Kosgoro
Juara 3 – SMAN 6

Kategori Permukiman Tepi Sungai
Juara 1 –  RT 01 / RW 01 Panaragan
Juara 2 – RT 02 / RW 8 Babakan Pasar
Juara 3 – RT 01 / RW 03 Semplak

Kategori Perumahan Swadaya
Juara 1 – RT 01 / RW 01 Cimahpar (Kp Belentuk)
Juara 2 – RT 03 / RW 07 Tanah Baru (Kp Sawah)
Juara 3 – RT 01 / RW 07 Tanah Baru (Kp Sawah)

Kategori Permukiman Teratur
Juara 1 – RT 04 / RW 13 Bubulak (Griya Melati)
Juara 2 – RT 01 / RW 06 Ciparigi (Komplek PDK)
Juara 3 – RT 03 / RW 10 Cilendek Timur

Baca Juga