25 radar bogor

Pemerintah Pastikan LRT Nyambung Sampai Bogor, Telan Dana Rp12 Triliun

LRT Jabodebek
LRT Jabodebek resmi beroperasi Senin (28/8/2023).
LRT Jabodetabek
LRT Jabodetabek siap beroperasi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jaringan LRT Jabodebek akan terus dikembangkan. Rencananya, LRT Jabodebek akan menyambung sampai Bogor yang merupakan pembangunan tahap II.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini tengah berlangsung studi untuk LRT tahap II. Menurut Luhut, proyek LRT ke Bogor akan lebih cepat karena tidak dibangun melayang.

“Sudah mulai sekarang itu studi ke Bogor kita berharap lebih cepat karena lebih banyak nanti di bawah, tidak elevated,” kata Luhut usai meresmikan pengecoran jembatan di Jalan Gatot Subroto Jakarta, Senin (11/11/2019).

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto menjelaskan, saat ini tengah berlangsung proses pengerjaan desain. Dia mengatakan, pihaknya siap menjalankan proyek tahap II ini.

“Tahap II kami dalam Cibubur-Bogor dalam proses desain. Tinggal nanti instruksi pemerintah kapan mulai kami siap menjalankan,” katanya.

Dia mengatakan, LRT Cibubur-Bogor akan dibangun dengan panjang sekitar 25 km. Belum dihitung secara rinci, namun Budi bilang bakal menelah dana sekitar Rp 12 triliun.

“Sekitar Rp 12 triliun lah kira-kira, tapi belum dihitung,” ungkapnya.

Proses pembangunan akan memakan waktu sekitar 3 tahun. Tapi, dia belum bisa menyebut kapan akan dimulai. Pembiayaan pun, lanjutnya, bisa bervariasi.

“Bisa variasi, bisa APBN, bisa seperti ini (LRT Jabodebek) nanti ditentukan pemerintah,” tutupnya. (dtk/ysp)