Beranda Bogor Raya

Percantik Stadion Pakansari, Investor Patungan Rp 18 Miliar

Stadion Pakansari
Stadion Pakansari Cibinong

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tim Fasilitator Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kabupaten Bogor menarik lima perusahaan besar untuk ikut beautification kawasan Stadion Pakansari.

Anggaran yang awalnya dipatok Rp 22 miliar, kini turun sekitar Rp 18 miliar untuk membantu kebutuhan pembenahan.

Wakil Ketua Tim TJSL Kabupaten Bogor, Yusfitriadi mengaku ini bentuk persiapan untuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021. Awalnya, Tim TJSL persiapkan Rp22 miliar, namun angka menjadi turun setelah ada kajian lebih lanjut.

Anggaran tersebut, kata Yus, bakal diperuntukan dalam membantu pembangunan pedestrian, taman dan tugu serta letter sign sepanjang jalan dari exit Toll Sentul sampai Stadion Pakansari.

“Pengurangan biaya itu setelah Bappeda mengisyaratkan akan menghapus beberapa median jalan, mulai dari exit toll Sentul sampai perempatan Kandang Roda,” terangnya pada Radar Bogor.

Hal itu pun terus digenjot oleh Pemkab Bogor demi menjadi tempat yang layak bagi gelaran ajang dua tahunan sekali itu. “Nanti akan kita bagi-bagi jatah pembangunannya. Siapa yang membangun taman, tugu dan pedestrian,” sambungnya.

Sebelumnya, Pemkab Bogor menyediakan Anggaran Rp132 miliar akan digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan CSR, untuk mempercantik kawasan Pakansari.

Dari APBD, Pemkab Bogor menganggarkan Rp110 miliar. Terdiri dari anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Rp10 miliar dan aksesibilitas menuju stadion Rp100 miliar.

Tahun depan Pemkab akan melakukan pembebasan lahan, mulai dari terowongan Simpang Sentul. Tak hanya itu, Pemkab akan buat sodetan baru, sambil membenahi jalur utama dari exit tol Sentul. (dka/pkl11/pkl12/pkl14/c)

Baca Juga