25 radar bogor

Pengeboran Hemat dan Aman, Tim Pertamina Innovation Raih Penghargaan

Tim Pertamina Innovation setelah menerima penghargaan di Jerman (5/11).
Tim Pertamina Innovation setelah menerima penghargaan di Jerman (5/11).
Tim Pertamina Innovation setelah menerima penghargaan di Jerman (5/11).
Tim Pertamina Innovation setelah menerima penghargaan di Jerman (5/11).
JAKARTA-RADAR BOGOR, Produk Inovasi buatan PT. Pertamina Internasional EP yang berjudul Automatic Data Extraction & Database Management System berhasil meraih Special Prize di ajang International Trade Fair Ideas Inventions New Products (iENA) di Nuremberg Exhibition Hall. Mereka adalah delegasi dari Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) di ajang pameran dan kompetisi inovasi dunia di Jerman.
Director International Partnership INNOPA Megaria Agustina, menjelaskan tim ini terdiri Akbar Yudha Putera, Dharmawan Raharjo, Irwanto Saputro, Lusiana Safitri, dan Mohamad Heru Prasetyo. Mereka mempresentasikan produk Automatic Data Extraction & Database Management System.
“Produk ini merupakan sebuah system yang memiliki kemampuan untuk melakukan auto data extraction dari berbagai macam source of data,” katanya, Jumat (8/11).
Sumber data bisa berupa email, pdf, html, text file, excel, atau lainnya. Kemudian auto data processing, auto data integration, auto data analysis dengan menggunakan artificial intelligence. Selain itu data presentation menggunakan platform GIS yang dapat menampilkan data dengan cara yang lebih menarik yaitu multifunction dashboard.
Dari hasil tampilan data tersebut, keputusan dapat diambil manakala lokasi yg dituju aman untuk melakukan pengeboran atau tidak. Metode ini dapat melakukan penghematan biaya sekitar 2.9 Juta USD.
Dengan mengimplementasikan sistem ini, pengeboran yg dilakukan dapat dilakukan dengan lebih tepat, lebih hemat, dan lebih aman. Sebab sistem telah mempertimbangkan letak pengeboran antara kondisi landscape bumi dan titik kemungkinan terjadinya bahaya geografi. Seperti angin, banjir, dan lainnya. Sehingga dapat melakukan cost opportunity of saving sebesar 14 juta USD untuk satu pengeboran.
Seperti diketahui, even iENA merupakan salah satu pameran inovasi tertua dan terbesar di dunia. Pameran ini diselenggarakan oleh AFAG Messen und Ausstellungen GmbH. Selain itu didukung oleh International Federation of Inventors Association (IFIA), the German Patent and Trade Mark Office, the Association of German Engineers (VDI) dan juga the German Inventors’ Association (DEV). Sekitar 30.000 penemuan telah dipresentasikan selama 70 tahun terakhir dan pada tahun ini lebih dari 800 Inovasi dipamerkan diajang iENA 2019.
(JPG)