25 radar bogor

S-MAQ: Aplikasi Buatan Mahasiswa IPB University untuk Budidaya Perikanan

BOGOR-RADAR BOGOR, Tiga mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University berhasil menciptakan sebuah aplikasi untuk budidaya perikanan. Mereka adalah Virta Rizki Hernanda, Fathia Ilmiati, dan Dalillah Artaghina.
Aplikasi yang diberi nama S-MAQ (Smart Modern Aquaculture) merupakan aplikasi digital yang dirancang untuk membantu kegiatan budidaya perikanan yang terintegrasi, terkontrol, dan transparan.
Virta Rizki Hernanda sebagai ketua tim, menyampaikan bahwa latar belakang karya tersebut karena banyaknya pembudidaya yang mangkrak dalam melakukan transaksi pembayaran.
“Ide ini berfokus pada kegiatan penjualan komoditas akuakultur dalam rantai para pembudidaya. Meskipun ide ini masih dalam bentuk gagasan, namun kami telah membuat prototype sederhana untuk fitur-fitur aplikasi S-MAQ,” terang Virta.
Keunggulan dari aplikasi S-MAQ adalah tersedianya fitur-fitur yang dapat menghubungkan proses penjualan komoditas antar pembudidaya.
Melalui karyanya, ketiga mahasiswa IPB University itu berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Chemistry Friendship Competition (CFC) di Universitas Bangka Belitung pada 22-23 Oktober 2019. Lomba tersebut bertemakan “Optimalisasi Peran Generasi Milenial untuk Meningkatkan Potensi Lokal dan Daya Saing Global dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.
“Semoga ini dapat menjadi salah satu cara untuk meng-upgrade diri kami menjadi lebih baik lagi. Saya pribadi berharap, karya yang dihasilkan ini dapat memberikan manfaat untuk orang lain,” tutupnya.
(SMH/RA)