Beranda Bogor Raya

Pelayanan Online di Kantor Kecamatan Megamendung Kurang Diminati Warga

Kantor Kecamatan megamendung
Suasana pelayanan di Kantor Kecamatan Megamendung.

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Pelayanan publik berbasis online di Kecamatan Megamendung kurang diminati.

Hal itu tak lepas dari Sumber daya Manusia (SDM) di Kecamatan Megamendung yang masih gaptek. Mereka masih kebingungan menggunakan sistem pelayanan online dan memilih ke sistem pelayanan manual.

“Masih agak bingung (sistem online, red). Kadang sering salah. Jadi saya mending ke kantor kecamatan saja,” ujar Asep Setiawan (48), Warga Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, kepada Radar Bogor, kemarin (5/11).

Hal serupa dikatakan oleh Ernah (42) warga Desa Pasirangin, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Ia mengaku, tak mengerti jika melalui sistem online. “Teu ngarti, mending langsung we teu lieur. (Gak ngerti, lebih baik langsung saja tidak pusing),” ujarnya.

Sementara itu Camat Megamendung, Rismawan membenarkan hal tersebut. Ia mencatat, layananan masyarakat lebih banyak memanfaatkan sistem manual. Mereka datang ke kantor kecamatan ketimbang sistem online. “Sehari, kalau menggunakan sistem online itu paling 2-3 orang. Kalau manual bisa sampai 20 orang,” tuturnya.

Untuk itu ia mengaku akan terus melakukan sosialisasi dan pemahaman terhadap warganya. Sehingga kedepanya warga mulai terbiasa dengan sistem pelayanan secara online. “Proses. Kita terus lakukan. Mengubah kebiasan warga dari manual ke online,” tukasnya. (all/c)

Baca Juga