Beranda Bogor Raya

Gangguang Jaringan Listrik, Simulasi UNBK SMA 1 Cibungbulang Tertunda 4 Jam

Simulasi UNBK
Salah satu guru SMAN 1 Cibungbulang saat memeriksa komputer yang akan digunakan untuk simulasi UNBK.

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Cibungbulang sempat mengalami gangguan.

Musbababnya, sejak pagi listrik mati akibat ada gangguan dari sebuah jaringan di wilayah Cibungbulang.Akibatnya, pelaksanaan UNBK sempat tertunda empat jam.

“Hari ini kita menggelar simulasi UNBK untuk kelas tiga dengan pesertanya 376 siswa di bagi empat laboratorium, memang sempat tertunda karena sejak pagi mati lampu,” kata Humas SMAN 1 Cibungbulang Agus Munandar kepada Radar Bogor, kemarin.

Agus juga mengatakan, untuk pelaksaan simulasi UNBK dibagi tiga sesi dari pagi sampai sore hari. Dan mata pelajaran yang diujikan pada simulasi tersebut yakni bahasa inggris dengan beberapa pelajaraan pilihan.

“Nantinya pada siswa langsung memilih sendiri mata pelajaran lainnya yang bakal diujikan pada UN nanti dan untuk simulasi dilakukan dua tahap sampai tanggal 14 november 2019,” kata Agus kemarin.

Lebih lanjut ia menambahkan, selain simulasi siswa pihak sekolah pun menggelar simulasi bagi para guru yangn digelar pada 8 November mendatang. Hal ini, untuk meningkatkan wawasan ketika nanti menjadi pengawas.

“Tujuannya untuk menjajaki pada UNBK nanti, baik kesiapan anak, kemudian perangkat, dan kesiapan lainnya,” tambahnya.

Ia juga menuturkan, selain UN pihak sekolah juga akan melaksanakan ujian akhir semester dengan berbasis andorid.

“Biasanya UNBK sering kali ada kendala bersifat eksternal seperti listrik mati jadi tertunda, karena soal pun dikirim melalui online dari pusat,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer PLN Area Leuwiliang Faisal Mulp membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, listrik mati sejak pagi karena ada gangguan di wilayah Cibungbulang tapi pukul 11.55 sudah bisa menyala kembali.

“Penyebabnya ada warga yang mengambil buah mangga di pohon memakai galah dan mengenai kabel jaringan dan langsung padam listriknya,” pungkasnya. (nal/c)

Baca Juga