Beranda Bogor Raya

Rest Area Gunung Mas Puncak Terus Digeber, Siap Bangun 516 Kios

Rest Area Gunung Mas
Pekerja tengah melakukan pembangunan rest area di Puncak, lokasi tersebut untuk menata para pedagang di sekitaran Cisarua.

CISARUA-RADAR BOGOR, Pembangunan Rest Area Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor hingga kini terus digeber.

Progres yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sendiri yakni melaksanakan pembangunan jalan lingkungan maupun pemerataan lahan yang difungsikan untuk area pembangunan.

Pantauan Radar Bogor, progres cut and fill di lahan seluas 7 hektare sudah hampir rampung.

Kepala Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional VI, Hari Suko Setiono menargetkan pekerjaanya bakal rampung sebelum akhir tahun ini.

Seperti diketahui, megaproyek ini di bagi dua tahap yakni pekerjaan Kementrian PUPR setelah itu dilanjutkan Direktorat Jendral (Ditjen) Cipta Karya. .

“Targetnya untuk pekerjaan Kementrian PUPR bakal rampung akhir Desember ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Kabupaten Bogor, Nuradi menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu proses pembanguna Rest Area tersebut untuk nantinya dilakukan pembangunan untuk penataan PKL Puncak Cisarua.

“Kalau untuk pembangunan kios belum sama sekali. Sedangkan untuk jalan dan fasilitas lainnya itu menjadi kewenangan Kementerian PUPR,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (5/11).

Ia menuturkan, saat ini PKL yang terdata sebanyak 516 PKL. “Masing-masing PKL satu kios,” tuturnya.

Iapun berharap pembangunan Rest Area serta kios-kios bagi PKL bisa rampung lebih cepat. Mengingat saat ini kemacetan jalur puncak sudah sangat krodit.

“PKL salah satu faktor penyebab kemacetan di Jalur Puncak. Dengan penataan, akan menambah lebar jalan jalur puncak,” ucapnya

Sebelumnya, Pemkab Bogor bakal menggelontorkan Rp18 miliar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membangun 516 kios di Rest Area Gunung Mas Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor. Jumlah anggaran tersebut bertambah dari pengajuan sebelumnya sebesar Rp15 miliar. (all/c)

Baca Juga