Beranda Bogor Raya

Dulu Sepi, Kini Bursa Ikan Hias Laladon Diserbu Pembeli

Bursa Ikan Laladon
Salah satu penjual ikan hias memastikan kebersihan akuarium di Bursa Ikan Hias Laladon.

CIOMAS-RADAR BOGOR, Mengoleksi ikan hias kini menjadi hobi yang sedang digandrungi warga Bogor. Selain dianggap menghilangkan stres. Koleksi ikan hias juga disebut membawa hoki berdasarkan feng shui.

Nah, bagi yang sedang mencari lokasi jual beli ikan hias di wilayah Ciomas dan sekitarnya, bisa datang ke Bursa Ika Hias Laladon. Lokasinya di Jalan Ibrahim Adji, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Di tempat ini, para penggemar ikan hias bisa mencari berbagai jenis ikan hias. Baik yang hidup di air tawar atau air asin.

Pun dengan berbagai perlengkapan terkait dengan pemeliharaan ikan hias dalam ruangan, seperti aquarium, alat untuk menghasilkan gelembung udara, makanan ikan, hingga berbagai pernaik-pernik lainnya juga diperdagangkan disini.

Tak hanya itu, sistem negosiasi antara penjual dan pembeli menjadi sensasi berbelanja ikan hias peliharaan disana. Rendi Permana (21) salah satunya.

Penghobi ikan hias itu mengaku lebih sering belanja ikan hias dan perlengkapan aqurarium serta aquascape miliknya disana. Selain lokasinya yang dekat. Harga yang ditawarkan masih bisa ditawar.

“Cukup lengkap. Bisa ditawar itu yang penting. Apalagi saya baru menggeluti hobi ikan hias ini,” tutur pemuda asal Desa Ciomas, kepada Radar Bogor, Selasa (5/11/2019).

Hal serupa Serli Melinda (19). Ia mengaku, semingu sekali datang ke Bursa Ikan Hias Laladon. Mahasiswi IPB Dramaga itu mengaku, alasan memilih lokasi tersebut adalah harga yang masih bisa ditawar.

“Kebetulan saya hobi memelihara ikan-ikan air tawar seperti oscar dan dan louhan. Disini cukup murah-murah. Asal pintar milih juga nawar,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga bisa memesan ikan yang ia cari jika sedang tidak ada stok. “Iya bisa pesan. Cukup kasih uang muka RP20.000 saya bisa pesen ikan yang saya cari. Jadi gak usah susah-susah cari ikan,” tuturnya.

Sementara itu Ria rinjani, penjual ikan hias di toko Alam Tirta Mandiri mengaku, saat ini penjualan ikan hias meningkat. Bahkan ia mampu mendapatkan omset hingga Rp1.2 juta per harinya.

“Dulu sepi disini. Tapi sekarang sedang bagus penjualan ikan hias. Tidak pernah sepi lagi,” kata wanita berhijab itu, kepada Radar Bogor, Selasa (5/11/2019).

Lanjut Rinjani, untuk konsumen ikan hias yang datang ke Bursa Pasar Ikan Hias Laladon, paling banyak remaja. Saat ini banyak remaja baik pria maupun wanita yang menggndrungi dunia aquarium maupun aquascape.

“Mereka biasanya beli ikan hias kecil untuk pelengkap aquascape. Seperti ikan neon dan gupy yang paling laris,” tuturnya.

Sedangkan untuk harga ikan yang sedang naik daun adalah ikan-ikan predator. Seperti oscar dan arwana. Untuk harga ikan oscar dengan panjang 15-20 sentimeter dibandrol Rp150.000-Rp 200.000. sedangkan untuk ikan arwana anakan dibandrol Rp 150.000-RP 800.000. “Kalau ikan louhan masih stabil harganya,” tutunya.

Sementara itu Camat Ciomas, Chairuka Judyanto mengatakan, bursa ikan hias Laladon saat ini menjadi daya tarik bagi masyarakat.

“Dulu sempat sepi, kini diminati. Semoga kedepanya menjadi pusatnya ikan hias di wilayah Barat Kabupaten Bogor ini,” tukasnya. (all/c)

Baca Juga