Beranda Politik

LCC Empat Pilar 2019 Ditutup, Ini Harapan Sekjen MPR

JAKARTA – RADAR BOGOR, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR 2019 resmi ditutup. Acara penutupan kompetisi yang diikuti oleh peserta tingkat SMA sederajat seluruh Indonesia itu digelar di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11) malam.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono yang hadir dalam dalam penutupan LCC Empat Pilar MPR 2019 itu mengatakan, lomba ini digelar tidak hanya untuk sekedar mencari pemenang. Tapi juga menjadi ajang interaksi seluruh generasi muda di tanah air.

Lewat lomba ini diharapkan muncul persahabatan dan ikatan emosional di antara meraka. Tentunya ini dalam rangka merajut persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Ma’ruf di sela-sela penutupan LCC Empat Pilar MPR 2019 di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11) malam.

Menurut Ma’ruf, selama kurang lebih lima hari seja 28 Oktober 2019 itu, para peserta tidak hanya berlomba. Ada pula acara audiensi dengan berbagai tokoh, yang tidak hanya berasal dari lembaga negara, tetapi juga mereka yang sukses di bidang masing-masing. Misalnya, dari salah satu tokoh bisnis e-commerce yang sudah sukses, inspiratif, dan dari generasi milenial.

Jadi, harapannya ada pengalaman yang menarik dari tokoh-tokoh itu yang bisa saja menjadi teladan para generasi muda,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ma’ruf, pihaknya juga mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran para generasi muda untuk menjauhi barang-barang terlarang sesuai undang-undang.

Pencerahan BNN ini suatu yang penting untuk generasi muda,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga menambahkan, dalam LCC kali ini ada pula pentas seni yang mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah. Selain untuk menyatukan visi misi bangsa, pentas seni ini juga mengangkat budaya lokal yang kemudian dipertandingkan.

Jadi selama lima hari dapat banyak hal, tidak hanya bersenang-senang ketemu banyak teman, tetapi juga mendapatkan pengetahuan terkait ideologi, konstitusi, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Seperti diketahui, juara pertama LCC Empat Pilar MPR 2019 tingkat nasional adalah SMAN 1 Tenggarong, Kalimantan Timur. SMAN 1 Tenggarong mengungguli SMAN 2 Sampit, Kalimantan Tengah dan SMAN 1 Brebes, Jawa Tengah. Kemenangan itu diraih SMAN 1 Tenggarong dalam grand final LCC di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (3/11)(JPG)

 

 

Baca Juga